82 Mahasiswa UMJ Ikuti Program MSIB Batch 6

Oleh :
Fazri Maulana
Pembekalan MSIB Batch 6 di Aula Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) UMJ, Senin (26/2/2024).
Pembekalan MSIB Batch 6 di Aula Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) UMJ, Senin (26/2/2024). (Foto : KSU/Alvin Lazuardy)

Sebanyak 82 mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) berhasil lolos mengikuti Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) Batch 6. Hal itu diketahui dalam pembekalan MSIB yang diselenggarakan oleh Career Center UMJ di Aula Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM), Senin (26/2/2024).

Baca juga : Pembekalan MSIB Batch 5 ; FT UMJ Jadi Lulusan Terbanyak

MSIB merupakan bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Kegiatan pembekalan MSIB ini dihadiri oleh Wakil Rektor II Dr. Ir. Mutmainah, MM., Wakil Rektor IV, Dr. Septa Candra, S.H,M.H., Dekan FKM UMJ Dr. Ernyansih, SKM., MKM., Dekan FTan UMJ Dr. Ir. Sularno, M.Si., Wadek III FT UMJ Ir. Harwidyo Eko Prasetyo, S.T., M.T., Wadek III FISIP UMJ Dr. Fal. Harmonis, M.Si., berserta jajaran sivitas akademika UMJ.

Wakil Rektor IV Dr. Septa Chandra menyampaikan bahwa partisipasi mahasiswa dalam program MSIB sangat baik. Ia mengungkapkan program MSIB akan menambah pengalaman dan keterampilan mahasiswa.

“Progam ini harus dimanfaatkan, karena ilmu tidak hanya teori di dalam kampus saja. Tetapi, perlu mencari pengalaman di luar kampus,” tutur Septa.

Septa berpesan para peserta yang lolos program MSIB harus menunjukan karakter sebagai mahasiswa UMJ. Karakter itu ialah taat beribadah, etos kerja tinggi, serta kedisplinan.

“Harapannya kalian memiliki keterampilan dan berdaya saing dengan menunjukan karakter UMJ. Tentu, penting juga untuk menjaga nama baik universitas,” Jelas Septa.

Dalam laporannya, Kordinator MSIB sekaligus Kepala Career Center UMJ, Anis Setiayanti, S.Pd., M.Pd., mengatakan MSIB kali ini dari total 287 mahasiswa pendaftar di lingkungan UMJ, sebanyak 82 mahasiswa dinyatakan lulus dengan 21 mahasiswa mengikuti magang dan 61 lainnya studi independen.

Lebih lanjut, Anis menjelaskan dalam Program MSIB batch 6 terdapat sejumlah aspek baru yaitu terkait dengan digitalisasi dokumen Surat Rekomendasi (SR) dan Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) yang menjadi salah satu syarat keikutsertaan mahasiswa dalam Program MSIB.

“Tahun ini banyak sekali penyesuaian baru sehingga ada perbedaan jumlah pendaftaran dan lolos dibanding tahun lalu,” ungkap Anis.

Isza Putri Elburdah, S.Pt.,M.M (Senior Specialist University Relation MSIB), saat memberikan pembekalan kepada mahasiswa yang lolos dalam Program MSIB Batch 6

Anis menyampaikan magang terjauh kali ini ada di Palu, Batam, dan Denpasar. Ia berharap mahasiswa dapat menjaga nama baik UMJ.

Kegiatan pembekalan dipandu oleh Senior Specialist University Relation MSIB, Isza Putri Elburdah, S.Pt.,M.M, menjelaskan tujuan, syarat dan ketentuan, hingga mobilisasi keberangkatan para mahasiswa.

Editor : Dian Fauzalia

pkv games
bandarqq
dominoqq
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/dominoqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/bandarqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/pkv-games/