Fakultas Kesehatan Masyarakat

Perjalanan panjang berdirinya Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) UMJ tidak terlepas dari kiprahnya di kampus UMJ ini dalam mendorong terselenggaranya sistem pendidikan kesehatan yang mampu merespons kebutuhan masyarakat. FKM UMJ sejatinya berdiri sejak tahun 1996 melalui SK PP Muhammadiyah Nomor 96/SK-PP/III-B/1.b/1996. Pada tahun 2000, D3 Keperawatan bergabung dengan FKM, dan pada tahun yang sama FKM berubah menjadi Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES), diikuti dengan berdirinya S1 Keperawatan.

Pada tahun 2002, FKM oleh karena melihat besarnya peluang untuk mengembangkan program studi bidang kesehatan lainnya, mempelopori berdirinya Program Studi Kedokteran, yang pada tahun 2002 FIKES diubah namanya menjadi Fakultas Kedokteran dan Kesehatan (FKK), dan SK Dikti untuk izin operasional Program Studi Kedokteran ditetapkan pada tahun 2003.

Setelah lebih dari 15 tahun menjadi FKK, pada tahun 2018 FKM UMJ kembali menjadi sebuat fakultas yang secara kelembagaan berfokus pada penyelenggaraan dan pengembangan bidang studi keilmuan kesehatan masyarakat berdasarkan SK Rektor UMJ Nomor 263 Tahun 2018 tentang Pendirian Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Tenaga pendidik Fakultas Kesehatan Masyarakat merupakan lulusan dari perguruan tinggi ternama baik dalam maupun luar negeri. Metode pembelajaran yang digunakan berorientasi kepada mahasiswa, beberapa mata kuliah menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar serta metode Problem Based Learning (PBL) diterapkan pada mata kuliah yang dapat diintegrasikan. Hal ini sebagai wujud komitmen FKM UMJ untuk menghasilkan lulusan yang mampu bersaing di era globalisasi.

Program Studi yang berada di bawah naungan Fakultas Kesehatan Masyarakat adalah sebagai berikut.

Program Magister

  1. Magister Kesehatan Masyarakat 

Program Sarjana:

  1. Kesehatan Masyarakat 

Dekan : Dr. Andriyani, M. Kes
Alamat :

Jln. KH. Ahmad Dahlan, Kelurahan Cirendeu, Kecamatan Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan, Banten (15419)

No. Telepon : 021–7470-1362
Email : fkm@umj.ac.id
id Bahasa Indonesia
X