Bagian Multimedia KSU UMJ memiliki ruang lingkup sebagai berikut :
- Meningkatkan ranking UMJ berdasarkan pemeringkatan webometrics dan UNIRANK (4ICU) dengan melakukan quality control website UMJ, mengembangkan dan memelihara website, merancang tampilan dan antarmuka pengguna yang menarik, mengunggah konten baru, dan memastikan keberlanjutan dan keandalan website.
- Menghimpun dan mengkaji berbagai data terkait dengan informasi universitas menjadi konten multimedia seperti infografis, video, audio, dan animasi yang dipublikasi di website, Youtube dan media sosial.
- Melakukan koordinasi kegiatan reportase untuk keperluan konten website dan media sosial universitas bekerjasama dengan lembaga informasi dan bagian humas
- Menyediakan peralatan dan dukungan teknis untuk kegiatan dilingkup universitas. Mengelola ruang studio multimedia beserta peralatan audiovisual, dan memberikan dukungan teknis selama acara.
- Menyediakan desain grafis dan ilustrasi yang digunakan dalam berbagai media di kampus seperti poster, brosur, logo, sapnduk dan materi visual lainnya untuk keperluan acara atau publikasi website dan media sosial universitas.
- Mendokumentasikan berbagai acara dan kegiatan dilingkup universitas dengan mengabadikan momen penting, kurasi foto, dan menyediakan galeri foto untuk digunakan dalam publikasi kampus.
- Mengelola akun Youtube dan media sosial universitas serta bertanggung jawab untuk memposting konten yang relevan dan menarik. Mengembangkan strategi pemasaran digital untuk mempromosikan kegiatan kampus dan berinteraksi dengan komunitas kampus secara online.
- Menyampaikan informasi terkait laporan statistik website, Youtube dan media sosial (subscriber, visitor, page per view), dan interaksi yang ada di dalamnya.
Bagian Humas memiliki ruang lingkup sebagai berikut :
- Membangun citra dan reputasi UMJ melalui branding dan berbagai program kerja komunikasi
- Membina hubungan baik dengan stakeholder universitas baik internal maupun eksternal
- Merancang program media relations dan menjalin hubungan kerja yang baik dengan berbagai media massa untuk membangun citra positif
- Melakukan koordinasi kegiatan reportase dan penulisan berita dalam berbagai acara yang melibatkan universitas
- Melakukan dokumentasikan seluruh informasi terkait dengan pencitraan universitas.
- Melakukan pengelolaan seluruh aktivitas media sosial universitas
- Menyediakan kebutuhan data umum terkait universitas untuk kebutuhan internal dan eksternal
Bagian Protokoler memiliki ruang lingkup sebagai berikut :
- Menyusun seluruh pedoman keprotokolan sesuai dengan kebutuhan universitas
- Menyusun Prosedur Operasional Standar pada kegiatan keprotokolan
- Menjaga ketepatan standar protokol kegiatan dan perilaku pimpinan universitas
- Menjaga ketepatan standar protokol kegiatan resmi di lingkungan universitas
- Melaksanakan administrasi dan teknis keprotokolan berupa pengelolaan setiap acara yang melibatkan pimpinan universitas, yaitu mengatur jadwal, tata upacara, tata tempat, dan tata penghormatan
- Melaksanakan kegiatan pendampingan pimpinan sebagai protokoler universitas
- Mendokumentasikan naskah pidato, informasi, dan foto/video sebagai hasil aktivitas keprotokolan
- Memantau kepatuhan dan kesesuaian kegiatan di lingkungan universitas terhadap peraturan protokol PTM dan perundang-undangan yang berlaku