Kaprodi Mikom UMJ Jadi Narasumber Program Literasi Digital KOMINFO

Oleh :
Dian Fauzalia
Ketua Prodi Magister Ilmu Komunikasi FISIP UMJ Dr. Aminah Swarnawati, M.Si.,(kiri) saat menjadi narasumber seminar Program Literasi Digital di SMAN 96 Jakarta, Jumat (25/04/24). (Foto: Dok. Kemenkominfo)
Ketua Prodi Magister Ilmu Komunikasi FISIP UMJ Dr. Aminah Swarnawati, M.Si.,(kiri) saat menjadi narasumber seminar Program Literasi Digital di SMAN 96 Jakarta, Jumat (25/04/24). (Foto: Dok.Kementrian KOMINFO RI)

Ketua Program Studi Magister Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Jakarta (FISIP UMJ) Dr. Aminah Swarnawati, M.Si., menjadi narasumber seminar Program Literasi Digital bertema “Menjadi Warga Digital yang Cakap, Beretika dan Berdaya” yang digelar secara luring di SMAN 96 Jakarta, Jumat (25/04/24).


Baca juga : Prodi MIKOM FISIP UMJ Angkat Tema Komunikasi Organisasi di Era Digital dalam Visiting Lecturer

Dalam kegiatan yang diinisiasi oleh Kementrian KOMINFO RI tersebut Aminah, yang telah menjadi narasumber di kegiatan ini sejak tahun 2021, mengatakan bahwa siswa sekolah saat ini sudah cukup cakap digital namun netizen Indonesia terkenal paling tidak sopan dalam etika digital.

“Netizen di Indonesia tidak hanya cukup cakap digital, tapi juga harus memperhatikan etika dalam bermedia sosial dan tetap pertahankan budaya Indonesia. Jempolmu adalah harimaumu. Hoax, ujaran kebencian, cyber bulliying, dan pornografi merupakan hal yang sangat merisaukan bagi pengguna internet saat ini,” papar Aminah.

Apa yang disampaikan Aminah selaras dengan program Literasi Digital yang bertujuan mendorong masyarakat meningkatkan kecakapan pemanfaatan teknologi digital, khususnya pada empat pilar literasi digital yang meliputi etis bermedia digital, aman bermedia digital, cakap bermedia digital, dan budaya bermedia digital

Program Literasi Digital ini telah diikuti lebih dari 24 juta orang melalui Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) yang sudah berlangsung sejak tahun 2017. GNLD memperkuat kecakapan digital dasar masyarakat dalam mencegah penyebaran konten negatif, serta menciptakan ruang digital yang produktif.

Kegiatan ini melibatkan mitra dari berbagai latar belakang seperti akademisi, perusahaan, teknologi serta organisasi masyarakat sipil. Bagi Aminah, kegiatan ini menjadi pengalaman baru sekaligus sarana kegiatan pengabdian masyarakat dosen dan dapat membuka jaringan baru dengan menambah relasi.

Editor : Tria Patrianti

pkv games
bandarqq
dominoqq
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/dominoqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/bandarqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/pkv-games/