FIK UMJ Terima Visitasi Ditjen Diktiristek Guna Pembukaan Prodi Spesialis Keperawatan Anak

Oleh :
Qithfirul Fahmi
Pembukaan Evaluasi Lapangan usul Prodi Spesialis Keperawatan Anak FIK UMJ bersama Ditjen Diktiristek dan jajaran pimpinan UMJ di di Ruang Rapat FIK UMJ, Senin (06/05/2024).
Pembukaan Evaluasi Lapangan usul Prodi Spesialis Keperawatan Anak FIK UMJ bersama Ditjen Diktiristek dan jajaran pimpinan UMJ di di Ruang Rapat FIK UMJ, Senin (06/05/2024). (Foto : KSU/M.H Fahmi)

Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Muhammadiyah Jakarta (FIK UMJ) menerima visitasi Direktorat Kelembagaan Ditjen Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) di Ruang Rapat FIK UMJ, Senin (06/05/2024). Visitasi ini merupakan bagian dari Evaluasi Lapangan guna merealisasikan Pembukaan Program Studi (Prodi) Spesialis Keperawatan Anak.

Baca juga : Visitasi PGSD FIP UMJ: Targetkan Raih Akreditasi Unggul

Evaluasi Lapangan tersebut berupa presentasi oleh calon Kaprodi Keperawatan Anak Program Spesialis, pemeriksaan berkas dan wawancara Tim Evaluator dengan calon dosen, pemeriksaan dokumen kurikulum, hingga pemeriksaan fisik sarana dan prasarana. Kegiatan dihadiri juga oleh wakil rektor, pimpinan fakultas dan direktur SPs, kepala biro di ruang lingkup UMJ, serta jajaran Tim Evaluasi Lapangan Ditjen Diktiristek.

Rektor UMJ Prof. Dr. Ma’mun Murod, M.Si menyampaikan bahwa Pembukaan Prodi Spesialis Keperawatan Anak oleh FIK merupakan salah satu bentuk dari pengembangan kelembagaan di UMJ. “Sekarang UMJ sudah berakreditasi Unggul oleh karena itu kami tidak boleh berhenti sampai sini saja. Kami akan melakukan pengembangan kelembagaan dan ini merupakan tuntutan bukan dari internal UMJ saja, tetapi juga dari PP Muhammadiyah melalui Majelis Diktilitbang,” ujarnya.

Menurut Ma’mun, FIK merupakan fakultas yang masuk kategori papan atas di UMJ karena tergambar dari akreditasi Prodi yang dicapai. Ia juga mengatakan selain Prodi Spesialis Keperawatan Anak, UMJ akan membuka Prodi S3 Kesehatan Masyarakat, S3 Ilmu Hukum, dan S3 Ilmu Politik. “Selanjutnya kami akan melahirkan kira-kira delapan guru besar sama seperti tahun sebelumnya,” tambah Ma’mun.

Perwakilan Ditjen Diktiristek Lingga Kresna Adiputra, S.Kom menuturkan Tim Evaluasi Lapangan terdiri dari Anggorowati S.Kp., M.Kep., Sp.Mat., (Universitas Diponegoro) dan dr. Liliana Sugiharto, M.S., PA(K) (Universitas Atma Jaya).

“Setelah evaluasi lapangan nanti akan diberitakan melalui berita acara jika ada rekomendasi perbaikan atau tidak. Setelah itu kira-kira menunggu waktu dua minggu sampai satu bulan baru untuk menerima SK Akreditasi dari LAM-PTKes. Semoga diberi kelancaran dan berkah serta dapat dibuka di semester ganjil ini,” ucap Lingga.

Usai melaksanakan Evaluasi Lapangan, Perwakilan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah III Felizia Novi Kristanti menyatakan hasil asesmen Prodi Spesialis Keperawatan Anak FIK UMJ adalah minor revisi.

“Hasilnya cukup baik sehingga tidak perlu membutuhkan waktu lama untuk memperbaikinya, jadi kami hanya menunggu tindak lanjut dari FIK untuk percepatan turunnya SK pendirian. Prodi Spesialis Keperawatan Anak FIK UMJ ini menjadi Prodi yang pertama kali ada di antara Perguruan Tinggi dalam ruang lingkup LLDikti Wilayah III,” ungkap Felizia.

Dekan FIK UMJ Miciko Umeda, S.Kp., M.Biomed. berkomitmen bersama jajaran akan menyelesaikan perbaikan hasil Evaluasi Lapangan dengan cepat. “Alhamdulillah proses pengembangan lembaga di FIK dapat dilakukan dengan baik. Inshaallah mengenai rekomendasi yang disampaikan oleh Tim Evaluator akan diselesaikan dalam jangka waktu dua hari agar segera menerima SK dari LAM-PTKes,” tutur Miciko.

Saat ini FIK UMJ berakreditasi Unggul dan sebelumnya sudah memiki lima Prodi di antaranya S1 Keperawatan, S2 Keperawatan, Spesialis Keperawatan Medikal Bedah, Spesialis Komunitas, dan Profesi Ners.

Editor : Dian Fauzalia

pkv games
bandarqq
dominoqq
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/dominoqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/bandarqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/pkv-games/