Webinar Internasional Perdana FIK UMJ Angkat Tema Manajemen Keperawatan Stroke

Oleh :
Dinar Meidiana
Webinar Internasional Perdana FIK UMJ Angkat Tema Manajemen Keperawatan Stroke
Webinar Internasional Keperawatan di Aula Rufaidah FIK UMJ, Sabtu (27/01/2024). (Foto : KSU/Alvin Lazuardy)

Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Muhammadiyah Jakarta (FIK UMJ) menggelar Webinar Internasional Keperawatan perdana bertajuk “Comprehensive Stroke Nursing Management – An Update Approach.” Seminar yang diselenggarakan secara hybrid di Aula Rufaidah, Sabtu (27/01/2024) ini merupakan tugas akhir mahasiswa Program Profesi Ners angkatan 2023-2024.

Baca juga : FIK UMJ Raih 3 Penghargaan dari AIPNI

Dekan FIK UMJ Miciko Umeda, S.Kp.,M.Biomed., menerangkan hal itu sesuai dengan program kurikulum FIK UMJ. Selama FIK berdiri, khususnya Program Profesi Ners, seminar yang dilakukan masih dalam skala nasional, dan ini merupakan pertama kalinya mahasiswa menggelar seminar dalam bentuk International Conference dilaksanakan.

“Ini langkah awal untuk mahasiswa FIK untuk terus melaju ke skala internasional. Harapannya ke depan bukan hanya seminar dan workshop tapi juga publikasi internasional bereputasi sehingga memberikan dampak pada program studi,” ungkap Miciko saat dimintai keterangan di sela acara.

Tema yang diangkat kali ini terkait dengan Departemen Manajemen Keperawatan. Seminar ini bertujuan untuk mengetahui manajemen terupdate dalam penanganan golden periode pada stroke secara menyeluruh. Pengetahuan dan pemahaman peserta seminar tentang manajemen stroke pre-hospital tingkat nasional dan internasional diharapkan meningkat.

Mahasiswa dan dosen saat mengikuti Webinar Internasional Keperawatan secara hybrid di Aula Rufaidah FIK UMJ, Sabtu (27/01/2024).

Seminar yang diikuti oleh lebih dari 700 orang ini terdiri dari mahasiswa dan perawat dari dalam dan luar negeri. Miciko menungkapkan rasa syukurnya karena mahasiswa Program Profesi Ners dapat melaksanakan tugas dengan baik.

Ia menjelaskan bahwa perawat harus memperdalam ilmu pengetahuan agar dapat memberikan pelayanan kesehatan terbaik bagi pasien. “Saya yakin dengan mengikuti seminar internasional ini, kita akan belajar banyak hal, pendekatan yang maju dan terkini dalam memberikan pelayanan kepada pasien stroke secara komprehensif,” ungkapnya.

Ketua Pelaksana Seminar Internasional Yusnia, S.Kep., menerangkan tema yang berkaitan dengan stroke diangkat karena melihat fenomena yang terjadi di kalangan masyarakat. Stroke adalah penyakit terbanyak yang menyebabkan kematian.

“Ketidaktahuan masyarakat menyebabkan keterlambatan dalam tindakan sehingga pada saat dibawa ke rumah sakit, pasien sudah dalam kondisi berat,” ungkap Yusnia.  Melalui seminar ini, Yusnia menjelaskan bahwa perawat diharapkan dapat mengetahui dan memahami cara penanganan stroke terkini. Ia berharap seluruh peserta dapat mengambil manfaat dari seminar.

Sederet akademisi dari berbagai negara turut hadir menjadi narasumber. Pembicara utama Kepala Divisi Neurovaskuler dr. Ita Muharram Sari, Sp. S., juga merupakan dosen UMJ. Sementara itu pembicara lainnya yaitu Prof. Kuei-Ru Chou, PhD, RN, FAAN., dari Taiwan (Anggota American Academy of Nursing dan Komite Promosi Inisiatif Demensia, Dewan Kesehatan, Kesejahteraan & Lingkungan, Legislatif Yuan, R.O FAAN), Dr. Kamile KIRCA., dari Turkiye (perawat klinis di Rumah Sakit Universitas Başkent dan Rumah Sakit Universitas Ondokuz Mayıs).

Pembicara lainnya yang juga merupakan dosen FIK UMJ yaitu Ns. Neneng Kurwiyah., MNS, Ns. Slametiningsih, M.Kep, Sp. Kep. J, Ns. Rizki Nugraha Agung, M.Kep., Sp.Kep.MB, Ns. Aisyah, .S.Kep. M.Kep serta pemaparan hasil penelitian yang disampaikan oleh perwakilan mahasiswa profesi ners FIK UMJ Esti Mulyawanti, S. Kep.

Acara Webinar Internasional Keperawatan ini dihadiri oleh Dekan, para Wakil Dekan, Ketua Program Studi, Sekretaris Prodi dan para dosen di lingkungan FIK UMJ serta ketua Dewan Pengurus Komisariat FIK UMJ secara hybrid.

Editor : Dian Fauzalia