Perkuat Kerjasama Internasional, Dosen FISIP UMJ Jadi Guest Lecturer di Malaysia

Oleh :
Kontributor FISIP
Dr. Oktaviana Purnamasari, M.Si.,(kiri) dan Dr. Tria Patrianti, M.I.Kom., (kanan) memberikan kuliah di Universitas Sains Islam Malaysia (USIM) Kuala Lumpur, Selasa (23/4/2024). (Foto: dok FISIP UMJ)
Dr. Oktaviana Purnamasari, M.Si.,(kiri) dan Dr. Tria Patrianti, M.I.Kom., (kanan) memberikan kuliah di Universitas Sains Islam Malaysia (USIM) Kuala Lumpur, Selasa (23/4/2024). (Foto: Dok.Pribadi)

Dua orang dosen Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Jakarta (Prodi ILKOM FISIP UMJ), Dr. Oktaviana Purnamasari, M.Si., dan Dr. Tria Patrianti, M.I.Kom., memperkuat kerjasama internasional FISIP UMJ dengan menjadi Guest Lecturer atau dosen tamu di Universitas Sains Islam Malaysia (USIM) Kuala Lumpur, Selasa (23/4/2024).

Baca juga : Dosen Ilmu Komunikasi Berikan Kuliah di Universiti Utara Malaysia

Oktaviana, memberikan materi tentang Copywriting for Corporate Branding Sementara itu Tria, menyampaikan materi Communicating Climate Change and Public Relations for Sustainable Action. Keduanya menyampaikan materi tersebut di hadapan sekitar 100 mahasiswa dari Prodi Komunikasi Fakultas Leadership and Management USIM.

Tria, yang mengisi sesi pertama, memaparkan tentang pentingnya generasi muda memahami bencana iklim dan bagaimana komunikasi melalui pendekatan Public Relations berperan dalam meningkatkan aksi mitigasi dan adaptasi perubahan iklim. Program Kampung Iklim yang digagas Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Pemerintah Indonesia diangkat Tria sebagai studi kasus komunikasi perubahan iklim di tingkat tapak.

Pada sesi kedua, Oktaviana menjelaskan prinsip periklanan dan copywriting dalam komunikasi korporat. Pemahaman dan kemampuan merangkai pesan berbasis empati dapat mengajak khalayak lebih mengenal brand atau perusahaan, sehingga akan terwujud kepercayaan audiens. Studi kasus brand waralaba makanan cepat saji global dan perusahaan nasional turut dipaparkan dalam sharing session ke mahasiswa.


Antusiasme mahasiswa yang menyimak kuliah Dosen Prodi Ilkom tersebut sangat tinggi. Selain mengajukan pertanyaan, mereka juga menyampaikan berbagai pengalaman saat menemukan studi kasus di terkait komunikasi perubahan iklim, atau tentang penerapan copywriting di perusahaan, baik itu di Indonesia atau Malaysia.

“Dosen FISIP mengajar di perguruan tinggi luar negeri merupakan implementasi dari program internasionalisasi yang dicanangkan UMJ setelah mendapat akreditasi unggul. Untuk mendukung internasionalisasi ini maka FISIP menjalankan program dosen mengajar di kampus yang telah bekerjasama dengan UMJ, juga program lain seperti student mobility dan public lecturer,” ungkap Dekan FISIP UMJ, Prof. Evi Satispi, M.Si., menanggapi positif kegiatan tersebut.

“Prodi Ilkom UMJ telah mengadakan pertukaran dosen mengajar dengan USIM sejak saat pandemi Covid-19. Saat ini dan seterusnya, kita akan terus memperkuat kerjasama internasional ini dengan melibatkan beberapa dosen Prodi untuk mengajar di USIM,” tambah Oktviana, Kaprodi Ilkom FISIP UMJ.

Selain mengajar, Oktaviana dan Tria berkesempatan mengikuti tour keliling kampus USIM untuk melihat fasilitas penunjang akademik dan kemahasiswaan seperti perpustakaan, laboratorium audio visual, pusat komersil yang di dalamnya terdapat unit usaha kemahasiswaan, toko buku dan cinderamata, pusat kegiatan event mahasiswa, dan lain sebagainya.

pkv games
bandarqq
dominoqq
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/dominoqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/bandarqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/pkv-games/