Mahasiswa Ilmu Komunikasi UMJ Ikuti Program Student Mobility di Universiti Utara Malaysia

Oleh :
Dinar Meidiana
Mahasiswa Ilmu Komunikasi UMJ Ikuti Program Student Mobility di Universiti Utara Malaysia
Deputy Dean SMMTC UUM Dr. Zuhairi, Dr. Tria Patrianti, Dean of SMMTC UUM Prof Khairie Ahmad, Dr. Oktaviana Purnamasari dan Head of Communication Programme SMMTC UUM Dr. Adibah Ismail dan Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UMJ Adinda Bagesa saat penyambutan mahasiswa program Student Mobility di Malaysia Sabtu (20/04/2024). (Foto: Dok.Pribadi)

Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Jakarta (FISIP UMJ) mengikuti program Student Mobility ke School of Multimedia and Technology Communication Universiti Utara Malaysia (SMTC UUM).

Baca juga : Dosen Ilmu Komunikasi Berikan Kuliah di Universiti Utara Malaysia

Sebanyak dua mahasiswa yaitu Adinda Bagesa dan Khansa Alifatu Nabila tiba di Malaysia Sabtu (20/04/2024). Keduanya berhasil lolos pada tahapan seleksi administrasi dan wawancara. Selama satu semester Adinda dan Khansa akan menjalani perkuliahan di SMTC UMM.

Program itu menjadi pengalaman berharga bagi keduanya karena sama-sama memimpikan dapat menimba ilmu di luar negeri. Sejak awal informasi seleksi, baik Khansa maupun Adinda antusias mempersiapkan diri sebaik-baiknya dan berhasil lolos ke tahap wawancara.

Mereka mengaku senang mendapat kesempatan untuk mengikuti perkuliahan di SMTC UMM yang menurutnya memiliki fasilitas kampus yang sangat baik. “Semoga dengan mengikuti program ini, saya dapat membanggakan kampus UMJ yang telah memberikan kesempatan ini, menyerap pengalaman dan ilmu sebanyak-banyaknya,” ungkap Khansa melalui pesan singkat, Selasa (23/04/2024).

Hal senada juga disampaikan Adinda Bagesa yang mengaku sangat terkesan mendapat kesempatan belajar di Malaysia karena dapat mempelajari banyak hal termasuk budaya. “Harapannya bisa berbaur dengan orang di sini dan bisa mengikuti materi perkuliahan serta membawa nama baik UMJ,” ungkapnya.

Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi Dr. Oktaviana Purnamasari menerangkan bahwa program itu adalah tindak lanjut dari MoA (Memorandum of Agreement) antara Prodi Ilmu Komunikasi FISIP UMJ dengan SMTC UUM pada 2022 silam.

“Untuk pertama kali, Prodi Ilkom mengirimkan mahasiswa melalui program Student Mobility di level Internasional ke UUM secara luring. Pada 2021 Prodi Ilkom mengirimkan mahasiswa melalui program ICT (International Credit Transfer) ke USIM secara daring,” kata Okta saat dimintai keterangan melalui pesan singkat, Senin (22/04/2024).

Okta mengatakan bahwa Student Mobility akan menjadi agenda rutin tahunan Prodi Ilmu Komunikasi. “Kami akan menjaga keberlanjutan program Student Mobility ini dengan mengirimkan mahasiswa berpartisipasi setiap tahunnya sebagai salah satu upaya Internasionalisasi Prodi Ilkom dan FISIP UMJ,” kata Okta.

Editor : Dian Fauzalia

pkv games
bandarqq
dominoqq
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/dominoqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/bandarqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/pkv-games/