Prodi MIKOM FISIP UMJ Angkat Tema Komunikasi Organisasi di Era Digital dalam Visiting Lecturer

Oleh :
Mutiara Halimatu's Sadiyah
Dosen Ajeenkya DY Patil University, India Dr. Kirti Dang-Longani, (paling kanan) , dan peserta pada kegiatan Visiting Lecturer di ruang rapat FISIP UMJ, Sabtu, (10/06/2023).

Prodi Magister Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Jakarta (FISIP UMJ) mengadakan kegiatan Visiting Lecture yang bertemakan Organizational Communications In the Digital Era. Kegiatan ini dilaksanakan di ruang rapat FISIP UMJ secara luring dan daring, Sabtu, (10/06/2023).

Baca juga : Dr. Kirti: Public Relations dan Advertising Tidak Bisa Dipisahkan

Sebagai narasumber, Dr. Kirti Dang-Longani dari Ajeenkya DY Patil University India membuka sesi acara dengan menyatakan seberapa pentingnya era digital saat ini. India menjadi salah satu negara yang mengalami pertumbuhan era digital sangat cepat.

Tidak dipungkiri peningkatan ini juga difaktori oleh perusahaan IT yang tumbuh pesat di India. Perkembangan era digital mempengaruhi bagaimana komunikasi bekerja. Menurut Dr. Kirti, komunikasi di era digital memiliki metode komunikasi dengan teknologi dan aplikasi yang berbeda untuk mengkoneksi satu sama lain.

Penandatanganan MoU dan sesi foto bersama kegiatan Visiting Lecture di ruang rapat FISIP UMJ, Sabtu, (10/06/2023).

Pada kesempatan yang sama, Dr. Kirti juga membahas strategi komunikasi di era digital. Terdapat 5 langkah untuk menciptakan komunikasi yang efektif di era digital, di antaranya identifikasi pencapaian yang diinginkan, memahami situasi, memahami latar belakang pengetahuan audiens, memilih alat komunikasi digital yang tepat, dan kembangkan strategi komunikasi.

Enterprise Resource Planning (ERP) menjadi salah satu sistem program yang dikenalkan Dr. Kirti melalui penayangan vidio kepada peserta Visiting Lecture. Diceritakan olehnya, ERP dapat memudahkan kehidupan manusia di segala bidang terutama pada Perusahaan.

ERP menjadi bukti kemajuan digital yang mampu mengatur segala hal, seperti data dan dokumen penting sehingga tidak ada lagi miskomunikasi. Perkembangan komunikasi di era digital mendatangkan banyak kemudahan baik dari segi jaringan yang semakin luas, bergerak cepat, mudah diakses, serta parstisipasi publik yang kian bertambah. Namun di sisi lain komunikasi digital juga memiliki sisi negatif.

Pada akhir acara dibuka sesi tanya jawab yang diikuti dengan antusias oleh peserta yang terdiri dari dosen dan mahasiswa MIKOM serta alumni MIKOM yang telah bekerja di beberapa instansi pemerintah, partai politik, dan sektor korporasi.

Kegiatan yang dimoderatori oleh Amin Shabana, M.Si. dan dipimpin langsung oleh Kaprodi MIKOM, Dr. Aminah Swarnawati, M.Si ini merupakan rangkaian terakhir Visiting Lecturer dan Cultural Exchange yang sebelumnya digelar di Fakultas Ekonomi dan Binis, Prodi Ilmu Administasi dan Magister Ilmu Administrasi serta Prodi Ilmu Komunikasi FISIP UMJ.


Editor : Tria Patrianti

pkv games
bandarqq
dominoqq
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/dominoqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/bandarqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/pkv-games/