Mahasiswa PAI FAI UMJ Laksanakan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat di LPKA Tangerang

Oleh :
Qithfirul Fahmi
Mahasiswa PAI FAI UMJ Marco dan Khairul mengisi materi di Aula LPKA Kelas 1 Tangerang, Senin (06/05/2024). (Foto: KSU/Qithfirul Fahmi)
Mahasiswa PAI FAI UMJ Marco dan Khairul mengisi materi di Aula LPKA Kelas 1 Tangerang, Senin (06/05/2024). (Foto: KSU/Qithfirul Fahmi)

Delapan mahasiswa program studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta (PAI FAI UMJ) melaksanakan penelitian dan pengabdian masyarakat di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas 1 Tangerang, Senin (06/05/2024). Kegiatan ini dilakukan bersama dosen dan menjadi bagian dari Program Kreatif Mahasiswa (PKM) yang terintegrasi dengan tugas kelompok perkuliahan mata kuliah Bimbingan dan Konseling.


Baca juga : Mahasiswa FAI UMJ Juara Video Kreatif Tingkat Nasional

Dalam agenda yang mengusung tema ”Edukasi Pendidikan Islam Melalui Bimbingan Klasikal bagi Anak Binaan LPKA I Tangerang”, mahasiswa PAI FAI UMJ Marco dan Khairul memberikan informasi tentang bagaimana membahagiakan orang tua melalui amalan manusia yang tidak terputus ketika telah wafat. Peserta yang mengikuti kegiatan ini terdiri dari 87 warga binaan dan dihadiri juga oleh Dosen FAI UMJ Dr. Ummah Karimah, M.Pd.

Ummah selaku Dosen Pengampu Mata Kuliah Bimbingan dan Konseling mengutarakan rasa terima kasih kepada mitra yang memfasilitasi penelitian dan pengabdian masyarakat melalui tugas kelompok mahasiswa PAI FAI UMJ.

Kepala Seksi Pembinaan LPKA Kelas I Tangerang Anjar Seto menyampaikan bahwa anak binaan sangat membutuhkan sentuhan kepedulian agar memiliki pribadi yang lebih baik. “Mereka dari keluarga yang minim perhatian dan kasih sayang orang tua sehingga terbawa dengan kondisi yang kurang baik. Melalui kegiatan mahasiswa dari PAI sangat membantu mereka dalam memperbaiki diri,” tutur Anjar.

Salah satu anak binaan yang namanya tidak bisa disebutkan menyatakan sudah tinggal di LPKA I Tangerang selama lima bulan. Ia turut senang dengan adanya kegiatan seperti itu karena sangat membantu, bisa menambah wawasan anak binaan yang tadinya tidak mengetahui tentang pendidikan Islam menjadi mengetahui.

Anak binaan lainnya mengungkap bahwa yang dibutuhkan dari anak binaan adalah kegiatan yang lebih mengenal sang pencipta agar memiliki ketakwaan yang harus disemangati. “Melalui kedatangan mahasiswa mereka lebih dapat bercerita tentang masalah-masalah yang dihadapi di LPKA atau masalah sebelumnya,” pungkasnya.


Editor : Dian Fauzalia