Rektor UMJ Jadi Pembicara Halal Bi Halal di PDM Kabupaten Kediri

Oleh :
Fazri Maulana
Rektor UMJ Prof. Dr. Ma'mun Murod, M.Si saat berfoto bersama dengan pengurus PDM Kabupaten Kediri usai kegiatan Halal Bi Halal di Gedung Muhammadiyah Kediri, Minggu (5/5/2024) (Foto : Dok.Pribadi)
Rektor UMJ Prof. Dr. Ma’mun Murod, M.Si saat berfoto bersama dengan pengurus PDM Kabupaten Kediri usai kegiatan Halal Bi Halal di Gedung Muhammadiyah Kediri, Minggu (5/5/2024) (Foto : Dok.Pribadi)

Rektor Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) Prof. Dr. Ma’mun Murod, M.Si., menjadi pembicara dalam kegiatan Halal Bi Halal dan Pengukuhan Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Kediri di Gedung Dakwah Muhammadiyah Kediri, Minggu (5/5/2024).

Baca juga : Rektor UMJ: Moralitas Nilai Penting Dalam Demokrasi

Dalam ceramahnya, Ma’mun menjelaskan kualitas demokrasi yang menurun di Indonesia. Ia menekankan dua hal untuk membangun demokrasi yang bermartabat. Kedua hal itu adalah meningkatkan pendidikan dan kesejahteraan masyarakat.

“Rendahnya pendidikan dan tingkat kemiskinan yang cukup banyak itu sangat berpotensial untuk dimanfaatkan oleh siapapun yang akan menggunakan kendaraan demokrasi untuk kepentingan tertentu,” ungkap Ma’mun.

Dihadapan ribuan jamaah, Ma’mun mengajak untuk meningkatkan mutu kualitas demokrasi secara bersama-sama. Ia menyampaikan bahwa Muhammadiyah harus tetap hadir dalam politik kebangsaan. “Muhammadiyah memiliki sumbangsih yang besar dalam mengajarkan politik kebangsaan, hal itu karena DNA kita tidak berada dalam politik praktis tetapi politik kebangsaan,” tambah Ma’mun.

Sekretaris PDM Kabupaten Kediri, M Afwan Al-Asgaf menyampaikan bahwa kegiatan halal bi halal ini bersamaan dengan pengukuhan pengurus PDM dan Nasyiatul Aisyiyah Periode 2023-2027. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenal pengurus baru kepada warga persyarikatan Kabupaten Kediri.

Afwan juga mengungkapkan rasa bahagiannya melihat antusiasme warga persyarikatan dalam menghadiri kegiatan ini “Kegiatan ini pernah kita lakukan dua tahun lalu, tapi saat ini kita bisa menghadirkan sekian banyak orang yang juga di luar prediksi,” ucap Afwan.

Pada kegiatan yang diselenggarakan PDM Kabupaten Kediri ini, turut hadir Wakil Bupati Kediri Dewi Mariya Ulfa, ST., Ketua PWM Jawa Timur Dr. dr. Sukadiono, M.M., Ketua PDM Jawa Timur M. Anang Nafi’uzzaki, S.Kep., serta pimpinan cabang Muhammadiyah dan Aisyiyah Se-Kabupaten Kediri.

Editor : Dian Fauzalia