Mahasiswa dan Alumni UMJ Antusias Ikuti Career Expo 2024

Oleh :
Dinar Meidiana
Mahasiswa dan Alumni UMJ Antusias Ikuti Career Expo 2024
Mahasiswa dan alumni UMJ saat mengunjungi booth perusahaan pada UMJ Career Expo 2024 di Aula KH Ahmad Azhar Basyir Gedung Cendekia UMJ, Rabu (28/02/2024). (KSU/Alvin Lazuardy)

Ratusan mahasiswa dan alumni Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) padati Aula KH Ahmad Azhar Basyir Gedung Cendekia untuk mengikuti UMJ Career Expo 2024, Rabu (28/02/2024). Gelaran rutin tahunan ini mempertemukan para pencari kerja dengan berbagai perusahaan maupun lembaga.

Baca juga : Career Expo UMJ 2024 Siap Sediakan Ratusan Peluang Kerja

Ini merupakan UMJ Career Expo kedua kalinya yang digelar UMJ. Kali ini UMJ Career Expo 2024 menghadirkan total 38 perusahaan dan job seeker platform. Tidak hanya itu, para pencari kerja juga dapat mengikuti program walk in interview

Para job seeker yang didominasi oleh mahasiswa dan alumni UMJ ini antusias berkeliling ke setiap booth perusahaan yang berada di area aula dan walk in interview di Lantai 3 Gedung Cendekia. Selain itu, mereka juga dapat menyimak banyak pengetahuan seputar dunia kerja pada sesi talkshow.

Sebanyak empat narasumber dari berbagai perusahaan mitra dihadirkan untuk membagikan pengalaman dan ilmunya bagi job seeker khususnya fresh graduate. Topik bahasan pada sesi talkshow seputar cara beradaptasi di dunia kerja, pembuatan cv, menentukan arah karier, dan menemukan kekuatan diri.

Dua job seeker, yaitu Milanesi Febriana dan Lia Erliana Erfiani yang mengikuti rangkaian acara mengaku senang karena dapat berkenalan dengan banyak bidang pekerjaan dari berbagai perusahaan. Milanesi yang kini duduk di semester 6 Ilmu Komunikasi FISIP UMJ berkeinginan untuk mulai bekerja di masa semester akhir. 

Ia merasa senang bisa berkunjung ke setiap booth dan tertarik untuk mengetahui lebih jauh tentang bidang pekerjaan dan perusahaan yang ada di UMJ Career Expo. Hal senada disampaikan Lia Erliana Erfiani, alumni Ilmu Hukum FH UMJ. Lia berharap dari ratusan mahasiswa dan alumni UMJ yang hadir, dapat berpeluang dan diterima di mitra perusahaan yang ada.

Prof. Dr. Ma’mun Murod, M.Si. (tengah), Drs. Nandi Rahman (tengah), bersama Wakil Rektor, Dekan Wakil Dekan, Kepala Bagian Career Center UMJ seusai membuka acara secara resmi di Aula KH. Ahmad Azhar Basyir Gedung Cendekia UMJ, Rabu (28/02/2024). (KSU/Alvin Lazuardy)

Kegiatan ini diapresiasi oleh pimpinan UMJ. Pada pembukaan acara, Rektor UMJ Prof. Dr. Ma’mun Murod, M.Si., dalam sambutannya menyampaikan dukungan dan apresiasi pada kegiatan UMJ Career Expo. Ia juga menyampaikan ucapan terima kasih pada seluruh mitra perusahaan, serta sponsor yang mendukung kelancaran acara.

“Kegiatan sejenis ini sangat perlu. Semoga kolaborasi bersama mitra yang bergabung hari ini tidak berhenti dan akan terus berlanjut,” ungkapnya. Secara khusus, Ma’mun juga mengungkapkan rasa terima kasih pada Ikatan Alumni UMJ karena turut mendukung program yang berkaitan dengan alumni dan pengembangan karier alumni UMJ.

Hal senada juga disampaikan Anggota Badan Pembina Harian UMJ Drs. Nandi Rahman. Mewakili Ketua BPH, Nandi menyampaikan, “Menurut saya kegiatan ini perlu dikembangkan sehingga para alumni, para calon alumni diberi wawasan yang lebih luas terkait dunia kerja.”

Pada acara pembukaan turut hadir Wakil Rektor II Dr. Ir. Mutmainah, MM., Wakil Rektor IV Dr. Septa Candra, MH., Dekan, Wakil Dekan, Kaprodi, dan dosen di lingkungan UMJ. Kegiatan ini juga dihadiri oleh masyarakat umum dari JABODETABEK dan didukung oleh Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangerang Selatan, Ikatan Alumni UMJ, SeemeCV, Klob, Support Career, D’Besto, dan Atma Indonesia. 

Editor : Dian Fauzalia