ERDAMS FKM UMJ Jadi Tim Kesehatan Mukernas IAKMI & AIPTKMI

Oleh :
Kontributor FKM
ERDAMS FKM UMJ Terjun Menjadi Tim Kesehatan MUKERNAS IAKMI & AIPTKMI
ERDAMS FKM UMJ saat menyimak kegiatan Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) IAKMI & AIPTKMI di FKM UI (9-12/11/2023) (Foto : ERDAMS FKM UMJ)

Emergency Response in Disaster and Medical Service (ERDAMS) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Jakarta (FKM UMJ) terjun menjadi tim kesehatan pada Forum Ilmiah Tahunan dan Musyawarah Kerja Nasional Mukernas Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) dan Asosiasi Institusi Perguruan Tinggi Kesehatan Masyarakat (AIPTKMI). Kegiatan ini dilaksanakan tanggal 9-12 November 2023 di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI).

Baca juga :ERDAMS FKM UMJ Lakukan Pelatihan Water Rescue Bersama DMC Dompet Dhuafa

Rangkaian kegiatan yang dihadiri oleh pakar kesehatan masyarakat dan perwakilan perguruan tinggi kesehatan masyarakat dari seluruh Indonesia ini antara lain workshop, kuliah umum, simposium, oral presentation, rapat kerja, dan juga launching tim relawan kesehatan IAKMI. Selain menjadi tim kesehatan, ERDAMS didaulat menjadi pelopor dan percontohan bagi tim relawan mahasiswa kesehatan masyarakat di tingkat Nasional.

Pada kesempatan itu Ketua Umum PP IAKMI, Deddy Supratman, SKM. MKM., mengatakan pentingnya membentuk tim relawan kesehatan IAKMI dalam membantu penanggulangan bencana.

“IAKMI sangat penting untuk membentuk relawan yang dinamakan Tim Relawan IAKMI dalam mendukung penanggulangan bencana, ERDAMS akan menjadi pelopor dan percontohan tim relawan IAKMI dari mahasiswa kesehatan masyarakat”, tutur Deddy.

Menteri Kesehatan RI yaitu Ir. Budi Gunadi Sadikin, CHFC, CLU, (tengah), Dosen FKM UMJdan ERDAMS FKM UMJ seusai kegiatan kegiatan Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) IAKMI & AIPTKMI di FKM UI (9-12/11/2023)

Sementara itu pendiri ERDAMS dan dosen FKM UMJ, Hardiman SG, SKM, M.Kes., mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada IAKMI yang telah mempercayakan ERDMAS sebagai tim kesehatan pada acara MUKERNAS tersebut.

“Alhamdulilah, terima kasih kepada IAKMI yang sudah mempercayakan ERDAMS FKM UMJ sebagai tim kesehatan di acara Mukernas ini. Hal ini menjadi bukti bahwa niat tulus ikhlas serta kerja keras anggota ERDAMS di setiap kegiatan adalah ladang amal bagi anggotanya dan bermanfaat bagi masyarakat,” tutur Hardiman saat dihubungi melalui telepon seluler.

“Kesadaran tentang kerelawanan mahasiswa sudah seharusnya dipupuk oleh seluruh mahasiswa Kesehatan Masyarakat di Indonesia. Hari ini ERDAMS FKM UMJ hadir sebagai bukti nyata kesadaran akan hal kerelawanan dari mahasiswa FKM UMJ. Semoga hal ini dapat menjadi pelopor atau percontohan bagi mahasiswa kesehatan masyarakat yang ada di Indonesia,” tambah Raihan Ali, Ketua ERDAMS FKM UMJ.

Kegiatan ini dihadiri oleh Menteri Kesehatan RI Ir. Budi Gunadi Sadikin, CHFC, CLU, Direktur Utama BPJS Kesehatan Prof. dr. Ali Ghufron Mukti, M.Sc., Ph.D, AAK. serta perwakilan dari DPR RI, KEMENKES RI, dan KEMENDIKBUD RI. 



Penulis : Hardiman SG
Editor : Tria Patrianti

pkv games
bandarqq
dominoqq
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/dominoqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/bandarqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/pkv-games/