ERDAMS FKM UMJ Lakukan Pelatihan Water Rescue Bersama DMC Dompet Dhuafa

Oleh :
Kontributor FKM
ERDAMS FKM UMJ dan DMC Dompet Dhuafa setelah kegiatan Pelatihan Water Rescue di Situ Gintung, Sabtu (28/10/2023). (Foto : ERDAMS FKM UMJ)

Emergency Response in Disaster and Medical Service (ERDAMS) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Jakarta (FKM UMJ) melakukan pelatihan Water Rescue bersama Management Center (DMC) Dompet Dhuafa, di gedung FKM dan danau Situ Gintung, Cirendeu, pada tanggal 27 hingga 28 Oktober 2023.

Baca juga : Anggota ERDAMS FKM UMJ Turut dalam Distribusi Air Bersih di Tangsel

pada hari pertama ERDAMS mempersiapkan generasi pelopor siaga dan mitigasi bencana dengan melakukan Talkshow tentang Menghargai Air, Menjaga Generasi Masa Depan dan Pelatihan Water Rescue dan menghadirkan pembicara Dr. Budi Laksono, MHSc (dosen Universitas Diponegoro), Gibran Tragari, Erwandi Saputra, dan Dr. Ernyansih SKM. MKM, dan dimoderasi oleh Chiki Fawzi.

Dalam diskusi Dr. Budi Laksono, MHSc menjelaskan bahwa air sumber daya alam yang penting dan menghimbau untuk menjaga kelestariannya, “Air adalah salah satu sumber daya yang sangat berharga, dan tindakan kita sekarang akan berdampak sangat besar pada kualitas hidup anak cucu kita. Mari Bersama-sama menjaga kebersihan air, mengurangi pemborosan dan melindungi lingkungan air agar tetap berkelanjutan”, ungkap Budi.

Pada kegiatan hari kedua ERDAMS melakukan kolaborasi Bersama pihak DMC untuk memberikan pelatihan dasar water rescue kepada anggota ERDAMS. Erwandi Saputra selaku staf DMC Dompet Dhuafa menjelaskan bahwa water rescue itu sangat penting untuk pertolongan atau penyelamatan serta evakuasi dari perairan seperti kolam renang, Sungai,Danau,Curug dan Bendungan.

Barqu selaku staf DMC juga mengajak para peserta melakukan simulasi program mitigasi bencana yang dilakukan dalam beberapa tahap yang pertama cara mendayung di perahu karet. Di tahap ini para peserta melakukan simulasi cara mendayung, ada beberapa macam mendayung yaitu dayung maju dayung mundur, dayung tolak, dayung pancung, C stoke, J stroke dan scaling.

Peserta ERDAMS juga melakukan simulasi cara menyelamatkan korban yang berada di dalam air dengan RTRGT (Reach, Throw, Row, Go, Tow), serta simulasi bagaimana cara menaikan korban kebanjiran kedalam perahu karet. Tujuan dilakukannya acara ini untuk menyelamatkan nyawa dan keselamatan individu yang berada dalam bahaya atau di sekitar air, seperti danau, laut, dan kolam renang serta meminimalkan resiko cedera atau kehilangan nyawa dalam situasi tersebut.

Editor : Dian Fauzalia