FEB UMJ Jalani Asesmen Lapangan Prodi Magister Akuntansi

Oleh :
Fazri Maulana
FEB UMJ Jalani Asesmen Lapangan Prodi Manajemen Akutansi
Prof. Drs. Bambang Agus Pramuka, MA., Ph.D., Ak., CA., CRMP (Pertama dari Kiri), Prof. Doddy Setiawan, SE., MSi., IMRI., Ph.D., Ak., CA., (Kedua dari kanan), Prof. Dr. Ma’mun Murod, M.Si., (tengah), Dr. Luqman Hakim, S.E., M.Si., (Pertama dari tengah), Dr. Muhammad Hadi, S.Kp., M.Kep (kedua dari kanan) saat Asesmen Lapangan Prodi Magister Akuntansi FEB UMJ di Aula FEB UMJ, Senin, (05/2/2024). (Foto : KSU/Fahmi Haekal)

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Jakarta (FEB UMJ) kembali menjalani asesmen lapangan dari Lembaga Akreditasi Mandiri Ekonomi Manajemen Bisnis dan Akuntansi (LAMEMBA). Proses asesmen lapangan kini dilakukan untuk Program Studi (Prodi) Magister Akuntansi.

Baca juga : Prodi Ekonomi Islam FEB UMJ Raih Akreditasi Unggul

Kegiatan asesmen lapangan akan digelar selama dua hari dilaksanakan di Aula FEB UMJ, pada Senin-Selasa (5-6/2/2024). Asesor yang diutus untuk melakukan asesmen yakni Prof. Drs. Bambang Agus Pramuka, MA., Ph.D., Ak., CA., CRMP dan Prof. Doddy Setiawan, SE., MSi., IMRI., Ph.D., Ak., CA.

Mengawali kegiatan, Dekan FEB UMJ Dr. Luqman Hakim, S.E., M.Si., melaporkan capaian yang dilakukan oleh Prodi diantaranya proses dan capaian pendidikan, kerja sama Internasional, hingga sarana dan prasarana.

“Kami sudah mempunyai empat Prodi unggul, semoga magister akuntansi juga bisa meraihnya,” tutur Luqman

Pada kesempatan ini, Rektor UMJ Prof. Dr. Ma’mun Murod, M.Si menegaskan bahwa UMJ berkomitmen untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan mendorong proses akreditasi unggul diseluruh program studi.

“Kami senantiasa berbenah baik dari universitas maupun fakultas,” ungkap Ma’mun.

Mamun menjelaskan bahwa komitmen itu juga tergambar dari persiapan UMJ menuju Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) dengan memasang target menuju unggul. Tidak hanya itu, dihadapan asesor ia menyampaikan bahwa FEB UMJ menjadi fakultas dengan penyumbang prodi unggul terbanyak.

“Sampai hari ini FEB sudah memiliki 4 prodi unggul, semoga bisa bertambah lagi dan berdampak bagi universitas dan mahasiswa,” tambah Ma’mun.

Prof. Drs. Bambang Agus Pramuka, salah satu perwakilan tim asesor LAMEMBA menjelaskan bahwa akan ada beberapa proses penilaian seperti verifikasi, validasi dan klarifikasi terhadap data dan informasi yang sudah tertulis pada Dokumen Evaluasi Diri (DED) dan DKPS (Dokumen Kinerja Program Studi) serta melakukan penilaian lapangan di Program Studi.

“Akan ada beberapa tahapan penilaian yang akan kita laksanakan selama dua hari ini, kami mengingatkan untuk menguatkan argumentasi dan berbagai data maupun fakta fakultas dan khususnya prodi,” jelas Bambang.

Turut hadir Wakil Rektor I Dr. Muhammad Hadi, S.Kp., M.Kep., Wakil Rektor II Dr. Ir. Mutmainah, MM., Wakil Rektor III Dr. Rini Fatma Kartika, S.Ag., MH., Ketua LPPM UMJ Prof. Dr. Tri Yuni Hendrawati, ST., M.Si., Ketua BPM UMJ Prof. Dr. Tria Astika Endah Permatasari, SKM., MKM., Wakil Dekan, Kaprodi, Dosen, dan civitas di lingkungan FEB UMJ.

Editor : Dian Fauzalia