Prodi Ekonomi Islam FEB UMJ Raih Akreditasi Unggul

Oleh :
Fazri Maulana
Prodi Ekonomi Islam FEB UMJ Raih Akreditasi Unggul
(Foto : Poster Selamat Akreditasi Unggul)

Program Studi Ekonomi Islam Strata 1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Jakarta (FEB UMJ) berhasil meraih predikat Akreditasi Unggul dari Lembaga Akreditasi Mandiri Ekonomi Manejemen Bisnis dan Akutansi (LAMEMBA). Predikat ini didapat berdasarkan SK LAMEMBA No. 1016/DE/A.5/AR.10/II/2024 pada Senin (05/2/2024).

Baca juga : Prodi Akuntansi FEB UMJ Raih Akreditasi Unggul

Prodi Ekonomi Islam (EKIS) telah menjalani proses visitasi akreditasi pada 12-14 Desember 2023 oleh Tim Asesor. Asesor yang diutus untuk melakukan visitasi adalah Prof. Dr. Toto Gunarto S.E., M.Si dari Universitas Lampung dan Dr. Maftukha’tusolikhah, M.Si dari Universitas Islam Raden Fatah Palembang.

Dekan FEB UMJ Dr. Luqman Hakim, S.E., M.Si., mengungkapkan kebahagiaannya atas peraihan akreditasi Unggul. Menurutnya ini tercapai berkat kerja sama dan dukungan semua pihak, dari fakultas hingga level universitas, asosiasi prodi Ekonomi Islam, lulusan, alumni, dan mahasiswa. Capaian akreditasi unggul ini bertepatan dengan proses asesmen lapangan Prodi magister akuntansi, tentunya ia berharap akreditasi unggul juga akan kembali didapat.

“Tentu ini kabar membahagiakan, raihan akreditasi yang didapatkan oleh Prodi Ekis melengkapi ketiga prodi unggul, harapannya semua prodi FEB UMJ bisa mendapatkan akreditasi unggul,” ungkap Luqman saat ditemui dalam kegiatan asesmen lapangan Prodi magister akuntansi, Senin (05/2/2024).

Ketua Prodi EKIS FEB UMJ Dr. Hartutik, S.E., M.M., ikut mengungkapkan rasa bangganya bahwa Prodi EKIS FEB UMJ dapat mempertahankan akreditasi unggul. Ia menjelaskan bahwa Prodi EKIS berhasil memenuhi 9 kriteria yang diminta oleh LAMEMBA. “Dari 9 kriteria harus kita wujudkan tidak hanya berupa dokumen saja. Jadi, langkah kami menuju pencapaian ini dengan membuktikan terlaksananya visi-misi Prodi, terselenggaranya pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat, dan lainnya,” kata Hartutik saat ditemui diruangan.

Hartutik juga menyampaikan bahwa langkah selanjutnya yang akan diambil ditujukan untuk mempertahankan akreditasi Unggul. Salah satunya berupaya tetap konsisten pada program untuk pencapaian sebelumnya, serta melakukan peningkatan dan pembaharuan dengan melakukan berbagai kerja sama internasional.

“Mencapai unggul bukan akhir perjuangan ini merupakan tanggung jawab besar untuk menjaga, merawat dan membuktikan keunggulan kita. Kami akan terus melakukan terobosan untuk memberikan pembelajaran yang unggul,” tambah Hartutik.

Surat Keputusan (SK) menyatakan bahwa Program Studi Ekonomi Islam memenuhi syarat peringkat Akreditasi Unggul terhitung sejak tanggal 02 Februari 2024 sampai dengan 02 Februari 2029. Ini menjadi pengakuan atas kualitas dan prestasi yang luar biasa dari Program Studi Ekonomi Islam yang sebelumnya telah terakreditasi A pada periode 2019-2023.

Editor : Dian Fauzalia

pkv games
bandarqq
dominoqq
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/dominoqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/bandarqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/pkv-games/