UMJ Buka Program KKN Internasional 2024 di Wilayah Asia Tenggara

Oleh :
Dinar Meidiana
KKN Internasional 2024

Kuliah Kerja Nyata (KKN) menjadi program rutin tahunan perguruan tinggi sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat. Program KKN Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) 2024 membuka kesempatan bagi mahasiswa aktif untuk mengikuti program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Internasional di wilayah Asia Tenggara yaitu Thailand dan Kamboja.

Baca juga : Mahasiswa UMJ Lakukan Benchmarking Dalam KKN Internasional

Berbeda dengan sebelumnya yang hanya membuka kesempatan bagi 12 orang, tahun ini dipastikan program KKN Internasional akan menghimpun 20 mahasiswa untuk aktivitas pengabdian kepada masyarakat di wilayah dua negara tersebut.

Kepala Kantor Kerja Sama dan Urusan Internasional (KKUI) UMJ Endang Zakaria, M.H., menerangkan bahwa UMJ telah menjalin kerja sama dengan beberapa lembaga di kedua negara. Endang menekankan agar UMJ dapat mengirim mahasiswa terbaik.

Hal itu dikarenakan kebutuhan akan guru bahasa asing di sekolah-sekolah baik di Thailand maupun Kamboja. Maka dari itu, ia berharap mahasiswa yang dikirim memiliki kompetensi bahasa asing khususnya Bahasa Inggris.

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) UMJ Prof. Dr. Tri Yuni Hendrawati, M.Si., menerangkan bahwa UMJ telah menyepakati kerja sama dengan lembaga di antaranya Shangkom Islam Wittaya School.

Melalui kerja sama itu, UMJ dapat mengirimkan mahasiswa untuk program pengabdian masyarakat yaitu KKN. Selain itu, UMJ juga akan menerima sejumlah mahasiswa baru asal Thailand dan Kamboja. KKN Internasional ini menjadi bagian dari upaya UMJ untuk memperluas jaringan serta internasionalisasi mahasiswa dan dosen.

“Harapannya mahasiswa yang nantinya akan mengikuti program KKN Internasional dapat memanfaatkan peluang untuk mengembangkan diri dan bergaul dengan masyarakat internasional serta menjadi pengalaman berharga di masa mendatang,” ungkap Yuni saat dimintai keterangan melalui pesan singkat, Rabu (08/05/2024).

Pada tahun 2023, program KKN Internasional UMJ dilakukan di satu negara saja yaitu Thailand yang bekerja sama dengan Islamic Integrated School Network Thailand. Selama kurang lebih 30 hari, mahasiswa peserta KKN Internasional pada saat itu disebar ke tujuh sekolah yang terintegrasi dengan IISNT.

Mahasiswa aktif UMJ tidak hanya berkesempatan mengikuti program KKN Internasional, tapi juga KKN Bina Desa, dan KKN Tematik. KKN Bina Desa diketahui akan dilaksanakan di dua wilayah yaitu Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Pandeglang. Sementara itu, KKN Tematik dilakukan di wilayah domisili mahasiswa.

Selain itu, ada pula program KKN MAs (Muhammadiyah Aisyiyah) yang merupakan program PTMA (Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah) seluruh Indonesia secara bersama-sama yang dikelola oleh pengurus KKNMAs. Tahun ini, KKN MAs akan berlokasi di Provinsi Jawa Tengah tepatnya di Kabupaten Sukoharjo dan Kabupaten Karanganyar.

Informasi lebih lanjut tentang program KKN UMJ 2024 dapat diakses melalui laman kkn.umj.ac.id.

Editor : Dian Fauzalia

pkv games
bandarqq
dominoqq
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/dominoqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/bandarqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/pkv-games/