Mahasiswa UMJ Lakukan Benchmarking Dalam KKN Internasional

Oleh :
Ketua LPPM
KKN Internasional
Mahasiswa peserta KKN Internasional UMJ didampingi oleh Ketua LPPM UMJ saat kunjungan di kampus Thailand, Senin (04/09/2023).

Salah satu kegiatan yang dilakukan peserta KKN Internasional UMJ dalam rangkaian penutupan program pada 1-4 September 2023 adalah melakukan kunjungan ke Prince of Songkla University (PSU). Dalam kunjungan ini mahasiswa peserta KKN didampingi oleh perwakilan LPPM UMJ dan juga guru-guru Sangkhom Islam Wittaya School, yaitu Teacher Andrew Okta Mahendar, Miss Okta, Miss Riesta, Teacher Somruedee Senpradit, Miss Kartika, dan beberapa guru lainnya.

Baca juga : KKN Internasional UMJ Ditutup dengan Haru

Saat rombongan berkunjung ternyata sedang ada event ASEAN Week, di mana ada pameran makanan dan budaya bersama semua negara ASEAN, termasuk Indonesia. Hal ini dimanfaatkan oleh mahasiswa UMJ untuk melakukan benchmark tentang kegiatan kemahasiswaan di kampus Thailand.

Selain kunjungan ke PSU,  peserta KKN juga dikenalkan pada sejarah budaya Thailand, terutama Provinsi Songkla, dengan mengunjungi The Thaksin Folklore Museum, Halal Restaurant, dan juga Khlong Hae Floating Market. 

Pada kegiatan ini mahasiswa bisa menggali lebih jauh tentang pengelolaan pariwisata dan penataan fasilitas kota agar dapat menjadi bekal dalam pembelajaran di UMJ. Wawasan internasional ini juga diberikan dalam bentuk studi banding ke Halal Food Restaurant yang melengkapi destinasi dan pengelolaan bisnis food di Thailand.

Mahasiswa juga tampak antusias saat berkunjung ke The Thaksin Folklore Museum yang menampilkan koleksi terbesar di Thailand Selatan. Di sini tersimpan lebih dari 50.000 artefak, termasuk manik-manik dan perhiasan, senjata dan pisau keris, perangkap burung dan ikan, tembikar, kain, lampu, barang pecah belah, nielloware, wayang kulit, koin langka, peninggalan Buddha, perahu korlae berukuran penuh, dan banyak lagi.

Di museum ini tersedia pemandu tur dalam bahasa Inggris atau Thailand sehingga memudahkan peserta KKN untuk memahami setiap pelosok museum.  Mereka juga  dapat memanfaatkan koleksi cetak, audio, dan video museum yang luas, termasuk ratusan dokumen langka. Tentu saja tidak melewatkan kunjungan ke toko suvenir museum, yang menjual berbagai macam kerajinan tradisional Thailand.

Selain ke museum,  rombongan juga mengunjungi Pasar Terapung Khlong Hae, pasar terapung pertama dan satu-satunya di Thailand Selatan,  yang terletak di Tambon Khlong Hae, Amphoe Hat Yai, Provinsi Songkhla, di seberang Wat Khlong Hae.

Para pedagang di sini mengenakan kostum retro Thailand dan menjajakan banyak pilihan makanan, termasuk makanan lokal, makanan Thailand, dan makanan Muslim. Keunikan lainnya dari pasar ini adalah penggunaan wadah makanan ramah lingkungan seperti batok kelapa, tabung bambu, dan pot tanah liat dibandingkan menggunakan wadah busa atau plastik. Pasar terapung ini dianggap unik dari pasar lain di wilayah lain di Thailand, karena terdapat banyak budaya Budha Thailand dan Muslim.

Pengunjung terbanyak adalah wisatawan dari Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Thailand. KKN Internasional UMJ di Thailand Selatan telah selesai. Semoga peserta KKN yang telah mendapatkan berbagai benchmarking internasional ini bisa membawa UMJ semakin berkemajuan.

Editor : Tria Patrianti

pkv games
bandarqq
dominoqq
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/dominoqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/bandarqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/pkv-games/