Drama Gol Ferarri Mahasiswa UMJ di Semifinal Piala Asia U-23

Oleh :
Qithfirul Fahmi
Mahasiswa FIP UMJ Muhammad Ferarri menjadi starting eleven dalam pertandingan Indonesia vs Uzbekistan di Stadion Abdullah bin Nasser bin Khalifa dan disaksikan oleh sivitas akademika UMJ serta warga sekitar di Auditorium K.H. A. Azhar Basyir, MA., Gedung Cendekia UMJ, Senin (29/04/2024).
Mahasiswa FIP UMJ Muhammad Ferarri menjadi starting eleven dalam pertandingan Indonesia vs Uzbekistan di Stadion Abdullah bin Nasser bin Khalifa dan disaksikan oleh sivitas akademika UMJ serta warga sekitar di Auditorium K.H. A. Azhar Basyir, MA., Gedung Cendekia UMJ, Senin (29/04/2024). (Foto: KSU/M.H Fahmi)

Sepak bola selalu menghadirkan drama, rivalitas, dan kisah-kisah yang tidak terlupakan. Tak terkecuali pada laga semifinal Piala Asia U-23 AFC antara Indonesia vs Uzbekistan. Pasalnya, gol yang dicetak oleh mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta (FIP UMJ) Muhammad Ferarri, dianulir oleh wasit karena Ramadhan Sananta terjebak offside terlebih dahulu usai direview dengan Video Assistant Referee (VAR) di menit 61′. Hal ini membuat bangsa Indonesia kecewa, khususnya bagi sivitas akademika UMJ dan warga sekitar yang melaksanakan Nonton Bareng Indonesia vs Uzbekistan di Auditorium K.H. A. Azhar Basyir, MA., Gedung Cendekia UMJ, Senin (29/04/2024).

Baca juga : Maruf El Rumi Sebut Kualitas Permainan Indonesia meningkat

Kekecewaan tersebut bertambah lantaran gawang Tim Nasional (Timnas) Indonesia kebobolan oleh K. Norchaev pada menit 68′ dan gol bunuh diri Arhan Pratama di menit 86′. Papan skor pertandingan semifinal antara Indonesia vs Uzbekistan tidak berubah sampai waktu selesai dan Indonesia dipastikan gagal lolos ke babak final, karena kalah dengan skor akhir 2-0.

Ibaratkan pepatah “Sudah jatuh tertimpa tangga”. Timnas Indonesia kembali menderita karena sesosok Kapten Rizky Ridho menerima kartu merah di menit 84′. Hal ini membuat Ferarri kehilangan kawan di barisan pertahanan untuk laga yang sama pentingnya, yaitu perebutan juara tiga pada Kamis, (02/05/2024). Apabila Indonesia menang di pertandingan tersebut, maka akan otomatis lolos ke Olimpiade Paris 2024.

Susunan pemain Timnas Indonesia untuk melawan Uzbekistan, yaitu Ernando Ari Sutaryadi, Justin Hubner, Rizky Ridho, Muhammad Ferarri, Pratama Arhan, Nathan Tjoe-A-On, Ivar Jenner, Fajar Fathur Rahman, Marselino Ferdinan, Witan Sulaeman, Ramadhan Sananta. Terdapat tiga pemain yang berkuliah di kampus PTMA dalam skuad ini di antaranya Ferrari (UMJ), Ridho (UM Surayaba), dan Fajar (Unimuda Sorong).

Ferarri merupakan mahasiswa Program Studi Pendidikan Olahraga FIP UMJ dan saat ini sudah menginjak di semester dua. Sebelumnya, melalui sebuah video, Ferarri secara khusus memohon dukungan pada seluruh sivitas akademika UMJ untuk pertandingan semifinal melawan Uzbekistan.

“Saya memohon doa restu, semoga Timnas dalam turnamen ini (AFC U-23) bisa memberikan kemenangan dan hasil yang maksimal,” ungkap Ferarri, Kamis (25/04/2024).

Editor : Dian Fauzalia

pkv games
bandarqq
dominoqq
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/dominoqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/bandarqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/pkv-games/