HIMAPOR FIP UMJ Gelar Seminar IPTEK Olahraga

Oleh :
Qithfirul Fahmi
Dosen POR FIP UMJ Dr. Surya Rezeki Sitompul, M.Pd. dan Ketua KONI Kota Tangerang Selatan M. Hamka Handaru, S.Ip., MBA dalam Seminar IPTEK Olahraga di Auditorium FIP UMJ, Rabu (15/05/2024).
Dosen POR FIP UMJ Dr. Surya Rezeki Sitompul, M.Pd.,(kiri) dan Ketua KONI Kota Tangerang Selatan M. Hamka Handaru, S.Ip., MBA (kanan) saat Seminar IPTEK Olahraga di Auditorium FIP UMJ, Rabu (15/05/2024). (Foto: KSU/Qithfirul Fahmi)

Himpunan Mahasiswa Pendidikan Olahraga Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta (HIMAPOR FIP UMJ) menggelar Seminar IPTEK Olahraga di Auditorium FIP UMJ, Rabu (15/05/2024). Kegiatan digelar dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) pada ruang lingkup olahraga di Kota Tangerang Selatan.

Baca juga : HIMAPOR FIP UMJ Bagikan 500 Paket Takjil ke Masyarakat

Seminar tersebut diisi oleh Ketua Komite Olahraga Nasional (KONI) Kota Tangerang Selatan M. Hamka Handaru, S.Ip., MBA., dan dipandu moderator yaitu dosen POR FIP UMJ Dr. Surya Rezeki Sitompul, M.Pd. Pada kesempatan ini, Hamka memaparkan materi tentang Peran Mahasiswa sebagai Pemuda dalam Menyukseskan Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

Menurutnya olahraga merupakan suatu hal yang penting untuk pembangunan SDM, karena IImu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) olahraga dapat berkontribusi pada peningkatan SDM di Banten, khususnya dalam rangka mendukung kegiatan olahraga besar yang direncanakan di tahun 2026 yaitu Pekan Olahraga Nasional (PON).

“Teknologi saat ini sudah berkembang sangat luar biasa dan harus bisa dikuasai, misalnya artificial intelligence (AI). Ini harus dijadikan hal positif, jangan hal negatif. Teman-teman mahasiswa juga harus kreatif karena teknologi mampu membantu menaikkan antusias masyarakat khususnya dalam kegiatan olahraga,” ujar Hamka.

Ia mengatakan mahasiswa dapat menyukseskan DBON dengan cara terlibat dalam riset dan pengembangan di lingkup akademis, memanfaatkan peluang magang dan berkolaborasi, serta mengembangkan solusi inovatif. Hamka juga mengajak mahasiswa POR FIP UMJ untuk turut serta di tahun 2026 mendatang dengan bergabung di salah satu dari 56 cabang olahraga yang ada di Tangsel dan meraih prestasi bersama.

Dalam sambutannya, Wakil Rektor IV UMJ Dr. Septa Candra, SH., MH., menuturkan bahwa seminar yang digelar oleh Himapor FIP UMJ tentu sangat bermanfaat karena bisa ditindaklanjuti lebih jauh ke depannya bersama Pemkot Tangsel.

“POR FIP mempersiapkan SDM yang unggul sehingga nanti bisa berkolaborasi dengan Pemkot Tangsel untuk saling memberi manfaat satu sama lain. Tentunya mahasiswa yang berdomisili di Tangsel akan menjadi cikal bakal generasi berprestasi di masa depan mewakili Banten khususnya Kota Tangsel,” ucap Septa.

Dekan FIP UMJ Prof. Dr. Iswan, S.E., M.Si. mengungkapkan jika perguruan tinggi dan pemerintah bersinergi dengan baik, maka akan meningkatkan SDM olahraga yang berkualitas dan unggul. Menurutnya dengan prestasi yang diraih sebagai atlet dan mengemban pendidikan tinggi akan membuat karier di masa mendatang lebih baik.

“Ini penting karena atlet akan mengalami masa pensiun. Jadi setelah pensiun dapat mengandalkan basic pendidikan yang ditempuh, misalnya di POR FIP UMJ dapat menjadi guru atau pelatih. Oleh karena itu, perlu disadari bahwa peningkatan SDM harus diawali dengan pendidikan,” tuturnya.

Seminar IPTEK Olahraga dihadiri oleh Kepala Bidang Keolahragaan Dispora Tangsel Sodikin, S.Pd., M.Si., Kepala Seksi Kelembagaan dan Sarana Prasarana Dikbud Tangsel Idma Eka Putra, S.Pd., MM., pengurus cabang olahraga di ruang lingkup KONI Kota Tangsel, serta diikuti oleh civitas academica mahasiswa POR FIP UMJ. Seminar ini merupakan rangkaian kegiatan Kejuaraan Atletik Kids dalam Sport Education Festival bertemakan “From Sports, We Took Steps to Build Indonesia” yang diselenggarakan oleh HIMAPOR FIP UMJ mulai tanggal 15-16 dan 18 Mei mendatang.

Editor : Dinar Meidiana

id_IDIndonesian