Strategi UMJ Dorong Peningkatan Score SINTA

Oleh :
Dinar Meidiana
Strategi UMJ Dorong Peningkatan Score SINTA

Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) terus mendorong peningkatan score SINTA (Science and Technology Index) UMJ. Hal ini dilakukan dengan melakukan berbagai upaya strategis, mulai dari partisipasi dosen dalam hibah penelitian hingga kerja sama internasional.

Baca juga : LPPM UMJ Gelar Workshop Strategi Menang Hibah Penelitian Bagi Dosen

Ketua LPPM UMJ, Prof. Dr. Ir. Tri Yuni Hendrawati, M.Si., saat dimintai keterangan pada Senin (22/01/2024) menjelaskan bahwa UMJ berperan dalam mendorong peningkatan reputasi melalui SINTA. Strategi yang dilakukan UMJ adalah membuat sistem terintegrasi melalui simlitabmas.umj.ac.id. Hal itu juga didukung dengan adanya laman umj.ac.id yang dapat meningkatkan kinerja UMJ secara formal.

Selain sistem terintegritas, UMJ melalui LPPM terus berupaya untuk memenuhi delapan standar yang ditentukan oleh Kemendikbud Ristek.

“Standar-standar itu di antaranya mendapatkan hibah penelitian dan pengabdian masyarakat eksternal, seperti BIMA di Kemendikbud Ristek, Matching Fund Kedaireka, dan lainnya yang sifatnya kementerian dan non-kementerian,” ungkap Tri Yuni lebih lanjut.

Strategi lainnya yang tidak kalah berdampak adalah peningkatan kerja sama di bidang penelitian dan publikasi melalui join research dan pengabdian masyarakat internasional, yaitu dengan adanya program KKN internasional.

SINTA (Science and Technology Index) atau yang dikenal sebagai jurnal Sinta merupakan portal ilmiah daring yang dikelola oleh Kemendikbud Ristek. SINTA menyajikan daftar jurnal nasional terakreditasi juga dapat dianggap sebagai database atau pusat data jurnal nasional yang terakreditasi. Oleh karena itu, SINTA dapat digunakan sebagai tujuan pencari referensi jurnal nasional dengan kualitas yang sudah diakui oleh Kemendikbud Ristek. Oleh karena itu penting bagi dosen UMJ melakukan publikasi jurnal, karena score individu dosen akan diakumulasi menjadi score SINTA UMJ.

Tri Yuni menerangkan bahwa selain dapat meningkatkan kinerja individu dan kepangkatan dosen, publikasi jurnal juga dapat berkontribusi pada akreditasi program studi dan universitas secara keseluruhan.

“Kami berharap kegiatan workshop, sosialisasi dan kegiatan lainnya mendorong dosen dapat meningkatkan kinerja penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Dengan adanya sistem terintegrasi, dosen dapat meningkatkan kinerja penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, dan meraih akreditasi Unggul,” pungkas Tri Yuni.

Editor : Tria Patrianti

pkv games
bandarqq
dominoqq
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/dominoqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/bandarqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/pkv-games/