KOWANI Tingkatkan Pendidikan Perempuan bersama UMJ

Oleh :
Dinar Meidiana
Kowani Gandeng UMJ Tingkatkan Pendidikan Perempuan Indonesia
Kiri ke kanan : Rektor UMJ Prof. Dr. Ma’mun Murod, M.Si., Ketua Umum KOWANI Dr. Ir. Giwo Rubianto Wiyogo, M.Pd., dan Rektor Universitas Sahid Dr. Malinda Irwanti, SE., seusai menandatangani MoU di Aula Gedung Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Rabu (24/01/2024). (Foto : KSU/Alvin Lazuardy)

Kongres Wanita Indonesia yang dikenal dengan KOWANI menggandeng Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) untuk bersama meningkatkan pendidikan perempuan Indonesia. Misi ini diwujudkan melalui penandatanganan memorandum of understanding (MoU) pada Rabu (24/01/2024).

Baca juga : Ketum PP Aisyiyah: Prof. Masyitoh Perempuan Tauladan

Penandatanganan dilakukan oleh Rektor UMJ Prof. Dr. Ma’mun Murod, M.Si., dan Ketua Umum KOWANI Dr. Ir. Giwo Rubianto Wiyogo, M.Pd., pada Pembukaan Rapat Kerja V KOWANI 2024 yang diselenggarakan di Gedung Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Menurut Rektor UMJ Prof. Dr. Ma’mun Murod, M.Si., MoU tersebut adalah sebuah langkah maju dari KOWANI. “Kami berterima kasih telah diajak MoU. Harapannya segera ada tindak lanjut,” ungkap Ma’mun. Lebih lanjut, ia menerangkan bahwa melalui MoU, banyak hal yang dapat dilakukan bersama antara UMJ dan KOWANI.

Sebagaimana ruang lingkup kerja sama yang disepakati ialah dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. “Tentu ada riset-riset yang berkaitan dengan kajian gender dan anak. Kami juga memfasilitasi anggota KOWANI di seluruh Indonesia untuk studi lanjut di UMJ,” ujar Ma’mun.

Bintang Puspayoga (tengah), Dr. Ir. Giwo Rubianto Wiyogo, M.Pd. (tengah kanan), Prof. Dr. Ma’mun Murod, M.Si. (baris kedua), beserta segenap Pengurus Pusat KOWANI seusai pembukaan Rapat Kerja V KOWANI 2024 di Aula Gedung Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Rabu (24/01/2024).

Sementara itu, Ketua Umum KOWANI, Dr. Ir. Giwo Rubianto Wiyogo, M.Pd., menerangkan bahwa inisiasi untuk menggandeng perguruan tinggi karena menurutnya UMJ dan KOWANI memiliki tujuan yang sama dalam mencerdaskan kehidupan bangsa sesuai dengan semangat ibu bangsa.

“MoU untuk mengimplementasikan tujuan KOWANI sesuai semangat ibu bangsa bahwa kita harus tetap memperjuangkan harkat dan martabat wanita Indonesia melalui pemberdayaan perempuan terutama dalam pendidikan karena tanpa pendidikan dan ilmu, kita tidak akan bisa maju,” ujar Giwo.

Lebih lanjut, Giwo mengungkapkan senang mendapat respons yang sangat baik dari UMJ. Hal itu karena anggota KOWANI baik di semua tingkatan seluruh Indonesia bisa mendapatkan fasilitas pendidikan sesuai dengan kebutuhan melalui program pendidikan yang tersedia di UMJ.

Senada dengan hal itu, Prof. Dr. Masyitoh Chusnan, M.Ag., Direktur Sekolah Pascasarjana UMJ yang duduk sebagai Ketua KOWANI menyatakan hal yang sama. Inisiasi kerja sama tersebut sangat senafas dengan tujuan mencerdaskan kehidupan bangsa.

“MoU untuk mengimplementasikan pendidikan itu menjadi penting. Oleh karenanya KOWANI menggaet beberapa perguruan tinggi termasuk UMJ agar dapat kerja sama lebih banyak selain bidang pendidikan misalnya riset dan kajian terkait gender dan anak, dan lain-lain,” pungkas Masyitoh. Ia menilai banyak program KOWANI yang dapat dilakukan bersama perguruan tinggi melalui kolaborasi.

Selain dengan UMJ, KOWANI juga menjalin kerja sama dengan Universitas Sahid, dan Kalbe Farma. Turut hadir Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmawati, S.E., M.Si., atau lebih dikenal dengan Bintang Puspayoga, dan Rektor Universitas Sahid Dr. Malinda Irwanti, SE.

Kongres Wanita  Indonesia (Kowani) adalah federasi dari  103  organisasi perempuan  tingkat  nasional, organisasi  federasi tertua  dan terbesar di Indonesia yang berdiri sejak 22 Desember 1928 melalui Kongres Perempoean Indonesia Pertama di Yogyakarta. Aisyiyah menjadi salah satu organisasi pendiri KOWANI.

Editor : Budiman

pkv games
bandarqq
dominoqq
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/dominoqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/bandarqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/pkv-games/