Mahasiswa FISIP UMJ Raih Juara Dua Vertical Movie International

Oleh :
Fazri Maulana
Mahasiswa FISIP Raih Juara Dua Vertical Movie International
M. Faiq Rizkiansyah Yusuf (kiri pertana), M. Adithya Perdana (kiri kedua), Dea Zhafira Widyaningsih (kanan pertama), dan Dinni Sabrina Bahr (kanan kedua) mahasiswa Prodi Ilkom Peraih Juara Dua Vertical Movie Internasional

Kabar prestasi kali ini datang dari mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Jakarta (FISIP UMJ) baru saja meraih Juara 2 Vertical Movie Competition di International Virtual Short Course (IVSC), Selasa (14/11/23).

Baca juga : Prodi Ilkom UMJ Jadi CO-Host International Conference

IVSC kali ini mengusung tema Urban Storytelling: Digital Narrative for Sustainable Cities yang mengkaji permasalahan masyarakat perkotaan khususnya terkait Sustainable Development Goals dalam konteks komunikasi.

Mahasiswa pemenang lomba yakni M. Faiq Rizkiansyah Yusuf, M. Adithya Perdana, Dea Zhafira Widyaningsih, dan Dinni Sabrina Bahr yang tergabung dalam satu kelompok. Acara ini digelar secara daring diikuti oleh peserta dari berbagai negara, selain lomba, IVSC juga berisi seminar menghadirkan narasumber dari berbagai universitas di berbagai negara.

Dalam kategori vertical video, ada beberapa tema yang diberikan diantaranya Empowering Dreams, Clean Earth Crusaders, Digital Pioneers, Cultural Warriors, Sustaining Nature’s Harmony, Champions of Equality, Young Innovators for Zero Hungers, Harmony in Health, dan Future Leaders of Sutainable.

Melalui penuturan salah satu anggota kelompok, M. Adithya Perdana menjelaskan bahwa kelompoknya mengambil tema tentang climate change. Menurutnya, climate change menjadi isu global.

“Perubahan iklim isu yang sedang dirasakan semua orang, cuaca berubah tidak menentu. Karena hal itu, kita mau membuat alternatif untuk mengatasi perubahan iklim,” ungkap Adit.

Lebih lanjut, Adhit menyampaikan bahwa video yang dibuat memberikan tips alternatif dalam mengatasi perubahan iklim yakni menggunakan transportasi umum, mengurangi penggunaan plastik, dan memanfaatkan air secukupnya.

Adhit juga berharap semoga ke depan akan ada prestasi lagi yang bisa diraih. Tentunya, video yang ia buat bersama kelompoknya dapat bermanfaat untuk masyarakat.

“Saya berharap semoga bisa meraih juara dan memberikan prestasi untuk UMJ dan terpenting video tersebut bisa bermanfaat untuk orang sekitar,” tutup Adhit

IVSC juga merupakan kerja sama dari beberapa universitas diantaranya Universitas Muhammadiyah Siodarjo Indonesia, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Universitas Pembangunan Nasional Jawa Timur, Burapha Universitas Thailand, dan Universitas Tunku Abdul Rahman Malaysia.

Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi Dr. Oktaviana Purnamasari, M.Si mengungkapkan rasa bangganya atas prestasi yang diraih mahasiswa Ilmu Komunikasi. Okta menjelaskan bahwa kejuaraan itu berada dalam level Internasional.

“Kejuaraan itu cukup bergengsi karna harus bersaing negara lain seperti Thailan dan Malaysia. Dalam memilih isu sangat menarik yakni climate change, isu yang sedang jadi perbincangan di seluruh dunia,” ungkap Okta.

Lebih lanjut, Okta mendorong untuk mahasiswa lainnya dapat mengikuti kejuaraan yang berlevel nasional maupun Internasional.


Editor : Dian Fauzalia

pkv games
bandarqq
dominoqq
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/dominoqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/bandarqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/pkv-games/