Kepala LLDIKTI Wilayah III Imbau Dosen untuk Menjadi Guru Besar

Oleh :
Mutiara Halimatu's Sadiyah
Kepala LLDIKTI Wilayah III
Kepala LLDIKTI Wilayah III, Prof. Dr. Toni Toharudin, S.Si., M.Sc., pada Pengukuhan Guru Besar Universitas Muhammadiyah Jakarta, di Auditorium dr. Syafri Guricci Fakultas Kedokteran dan Kesehatan (FKK) UMJ, Selasa, (22/08/2023).

Tingkatan dalam jabatan akademik turut mempengaruhi kepentingan institusi. Oleh sebab itu, setiap dosen seharusnya dapat mencapai tingkatan tertinggi menjadi Guru Besar. Hal tersebut disampaikan Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) wilayah III, Prof. Dr. Toni Toharudin, S.Si. M.Sc., pada acara Pengukuhan Guru Besar Universitas Muhammadiyah Jakarta, di Auditorium dr. Syafri Guricci Fakultas Kedokteran dan Kesehatan (FKK) UMJ, Selasa, (22/08/2023).

Baca juga : Rektor UMJ: Kesempurnaan Dosen Ketika Sudah Menjadi Guru

“Di dalam proses akreditasi itu yang dilihat adalah tingkatan Rektor ke atas. Saya berharap Rektor UMJ dapat mendorong para dosen untuk menaikan jabatan akademiknya hingga tingkat Guru Besar. UMJ memiliki skor 360 ke atas. InsyaAllah dalam waktu dekat UMJ akan mengajukan permintaan ke BAN-PT untuk diproses menjadi universitas unggul,” tutur Toni.

Pada kesempatan itu,  selain mengucapkan selamat kepada dua Guru Besar UMJ yang baru dikukuhkan, yaitu Prof. Dr. Gofur Ahmad, S.T. M.M., dan Prof. Dr. Dra. Andriyani, M.Ag. M.K.M., Toni juga memberi apresiasi atas kinerja Rektor UMJ, Prof. Dr. Ma’mun Murod, M.Si. 

“Selamat kepada pak Rektor karena UMJ telah melahirkan Guru Besar yang membanggakan. Tambahan dua Guru Besae ini juga menjadi suntikan semangat bagi kami di LLDIKTI dalam upaya pengembangan kualitas Pendidikan Indonesia,” ujar Toni.

Selain itu Toni juga menyinggung orasi ilmiah berjudul “Human Intelligence Management” yang dibawakan oleh Prof. Gofur. Menurutnya, aplikasi Human Big Data yang sedang dikembangkan oleh Gofur akan semakin klop jika disinergikan dengan tim di PP Muhammadiyah.

Guru Besar merupakan jabatan akademik tertinggi yang diberikan pemerintah kepada dosen. Setiap Guru Besar yang dikukuhkan harus sesuai dengan regulasi yang mengacu pada UUD 1945. Toni mengatakan LLDIKTI akan terus berpegang teguh pada regulasi tersebut  di tengah banyaknya permintaan pemberian gelar profesor kehormatan.

Toni juga menyarankan Rektor UMJ untuk membuat forum Guru Besar. Nantinya para Guru Besar ini akan memberikan motivasi kepada para dosen untuk lebih semangat menempuh akselerasi Guru Besar.

“Besar harapan kami pada dua Guru Besar yang hari ini dikukuhkan, agar dapat memenuhi amanah, terus mendidik, melahirkan prestasi akademik, dan membimbing dosen-dosen lain di bawahnya. Kami sangat yakin UMJ mampu menjadi inspirasi untuk Perguruan Tinggi lainnya dan menjadi teladan Jakarta untuk Indonesia,” tutup Toni.

Editor : Tria Patrianti

pkv games
bandarqq
dominoqq
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/dominoqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/bandarqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/pkv-games/