UMJ Ikuti Rakor Kehumasan di Lingkungan LLDIKTI Wilayah III

Oleh :
Dinar Meidiana
UMJ Ikuti Rakor Kehumasan di Lingkungan LLDIKTI Wilayah III
Humas PTS saat mengikuti Rakor Kehumasan di lingkungan LLDikti Wilayah III di Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Selasa (23/04/2024). (Foto: Dok.LLDikti III)

Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) turut serta dalam Rapat Koordinasi Kehumasan di lingkungan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah III secara daring, Selasa (23/04/2024). Kegiatan yang berkolaborasi dengan Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya (UAJ) ini diikuti oleh 125 perguruan tinggi swasta (PTS) secara luring dan 127 PTS secara luring.

Baca juga : UMJ Borong 3 Penghargaan dari LLDIKTI Wilayah 3

Rakor mengusung tema “Sinergi Kehumasan Perguruan Tinggi dan Pemerintah Dalam Mendukung Peningkatan Mutu Pendidikan Tinggi,” dirancang untuk mengulas aspek-aspek kunci peran humas dalam mendukung peningkatan mutu pendidikan.

Humas pada perguruan tinggi swasta yang belum terakreditasi Unggul menjadi fokus utama agar mendapatkan masukan dan sudut pandang baru tentang efektivitas kinerja Humas dalam mendukung kebijakan pemerintah terkait akreditasi perguruan tinggi.

Kepala Bagian Umum LLDikti Wilayah III Noviyanto, S.T., MMSI., menyampaikan, “Rakor Kehumasan ini dapat menjadi langkah strategis dalam membekali humas PTS agar tangguh dan responsif di tengah kompleksitas tugas dan tantangan zaman dalam mensosialisasikan kebijakan pemerintah, memberikan pelayanan informasi yang efektif, dan menjadi mediator proaktif dalam menjembatani kepentingan lembaga dengan publik.”

Kegiatan diisi dengan diskusi terbuka yang menghasilkan gagasan maupun strategi inovatif untuk mendukung peningkatan mutu pendidikan tinggi di lingkungan LLDikti Wilayah III. Humas PTS aktif berpartisipasi, bertukar pikiran, dan berkolaborasi secara sinergis demi mencapai visi bersama.

Diskusi terdiri dari dua sesi. Sesi pertama menghadirkan Pranata Humas Ahli Muda Ditjen Diktiristek Dinna Handini, S.Sos., M.I.Kom., Sekretaris UAJ Dwi Retno Nurcahyanti, S.Si., M.Si., M.Sc. Keduanya membahas terkait peran humas Perguruan Tinggi dalam Mendukung Kebijakan Pemerintah terkait Akreditasi Perguruan Tinggi dan Keterbukaan Informasi Publik.

Sesi kedua, hadir dua narasumber yaitu Pranata Humas Ahli Muda Ditjen Diktirisktek Doddy Zulkifli Indra Atmaja, S.Ikom., M.Si., dan ,Editor Kompascom sekaligus Assistant Manager KG Media Content Yohanes Enggar. Keduanya mengupas tentang Manajemen Isu dan Strategi Komunikasi dalam Krisis.

Momentum yang dibangun dari Rakor itu akan menjadi titik awal bagi kerja sama yang lebih erat dan berkelanjutan antara LLDikti Wilayah III dan para Humas PTS. Belajar berinovasi dalam komunikasi krisis menjadi hal yang tak terhindarkan.

Dengan mengembangkan strategi komunikasi krisis yang transparan, Humas PTS dapat menjaga reputasi Perguruan Tinggi dan meminimalkan dampak negatif yang mungkin timbul akibat krisis yang mungkin dihadapi.

Editor : Dian Fauzalia

pkv games
bandarqq
dominoqq
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/dominoqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/bandarqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/pkv-games/