Kuliah Tamu FKK UMJ Bahas Bahaya Zat Kimia Bagi Kesehatan Mata

Oleh :
Kevin Arami
Guest Lecture FKK UMJ
Penyampaian Materi oleh dr. Faraby Martha, SpM(K). dalam Guest Lecture FKK UMJ pada, Selasa (08/08/2023) via Zoom Meeting.

Bahan zat kimia banyak mengandung Potential of Hydrogen (pH) yang berbahaya karena dapat merusak kesehatan mata. Salah satu penyakit yang sering menyerang mata adalah trauma kimia mata disebabkan karena tidak menggunakan pelindung mata saat menggunakan bahan kimia yang memiliki pH tinggi, sehinga mata terpapar zat kimia tersebut.


Baca juga : Mahasiswa Prodi Gizi FKK UMJ Gelar Bazar Makanan

Sebagaimana yang disampaikan oleh Dokter Spesialis Mata dr. Faraby Martha, SpM(K) dalam Kuliah Tamu yang diselenggarakan oleh Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jakarta (FKK UMJ) dengan tema Trauma Kimia Mata secara daring pada, Selasa (08/08/2023).

Trauma kimia pada mata adalah salah satu kasus kegawatdaruratan mata. Trauma kimia mata terjadi karena adanya kontak dengan bahan kimia yang bersifat asam atau basa, dan mengakibatkan kerusakan kornea.

dr. Faraby menyampaikan menyebutkan beberapa produk yang dapat menyebabkan trauma kimia mata di antaranya pembersih toilet, pupuk, kembang api, dan air keras. Zat kimia yang terkandung dalam produk tersebut dapat terevaporasi atau menguap kemudian terpapar ke mata.

Proses kerusakan yang terjadi diawali dari kelopak mata, lalu akan menyerang bagian kornea dan merusak sel-selnya. Kemudian yang paling parah dapat menimbulkan kerusakan pada mata sampai kebutaan.

dr. Faraby menjelaskan, penanganan trauma kimia mata dilakukan berdasarkan tiga fase. Pertama, fase awal (immediate) dengan cara menyiram mata menggunakan air bersih lalu membersihkannya. Kedua, fase akut (acute) yaitu mengidentifikasi apakah trauma kimia mata asam atau basa, lalu memerhatikan kornea mata dilanjutkan memberikan obat untuk menghentikan peradangan serta antibiotik untuk mencegah infeksi.

Ketiga, fase kronis (cronic) dengan operasi kelopak mata atau transplantasi kornea mata, memasang glaucoma implan pada mata dan di dorong juga bantuan obat-obatan. Fase ini merupakan fase paling terakhir dalam penanganan yang lebih dari 6 minggu setelah melewati fase kritis dan infeksi.

Editor : Dinar Meidiana

pkv games
bandarqq
dominoqq
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/dominoqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/bandarqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/pkv-games/