Seminar Motivasi FKK UMJ Hadirkan Influencer Dakwah

Oleh :
Fazri Maulana
Fuadh Naim saat memberikan motivasi pada acara Seminar Motivasi yang diselenggarakan oleh FKK UMJ bertajuk Golden Hour di Auditorium dr. Syafri Gurucci, Selasa (27/2/2024).
Fuadh Naim saat memberikan motivasi pada acara Seminar Motivasi yang diselenggarakan oleh FKK UMJ bertajuk Golden Hourdi Auditorium dr. Syafri Guricci, Selasa (27/2/2024). (Foto : KSU/Alvin Lazuardy)

Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jakarta (FKK UMJ) menggelar Seminar Motivasi bertajuk Golden Hour di Auditorium dr. Syafri Guricci, Selasa (27/2/2024). Kegiatan ini menghadirkan influencer dakwah sekaligus penulis buku yaitu Fuadh Naim sebagai pembicara utama dan dimoderasi oleh dosen FKK UMJ dr. Ikrimah Nisa Utami, Sp. PD.

Baca juga : 117 Sarjana Kedokteran FKK UMJ Jalani Prosesi Angkat Janji

Seminar Motivasi Diri bertujuan untuk memberikan motivasi sekaligus dorongan kepada mahasiswa baru Prodi Kedokteran FKK UMJ agar memiliki semangat dalam menggali potensi diri dan mengikuti proses pembelajaran dibangku perkuliahan sampai menjadi seorang dokter.

Fuadh mengawali materi dengan mengutip kandungan surat Al-Asr yang menyebutkan bahwa manusia berada dalam kerugian jika bertemu waktu. Namun, tidak bagi orang yang memanfaatkan waktu hidup dengan baik.

“Siapapun yang bertemu dengan waktu akan merugi, semua akan usang karena mengalami perubahan waktu, maka gunakanlah waktu dengan baik,” Jelas Fuadh.

Fuadh menjadi pendakwah dibawah naungan YukNgajiID. Ia juga pernah terkenal menjadi penggemar K-Pop dan korean drama. Perjalanan hijrahnya kemudian dituangankan dalam dakwahnya “Ada Apa Dengan Korea” yang disenangi oleh para remaja.

Pada seminar ini, Fuadh banyak bercerita terkait bagaimana sesungguhnya waktu berkaitan dengan kerugian. “Waktu itu berjalan terus, tidak pernah berhenti. Jika kita berpikir bahwa tidak ingin melakukan apa-apa, maka kita merugi,” tambahnya.

Lebih lanjut, Fuad menyampaikan bahwa Allah menegaskan manusia yang tidak termasuk kedalam golongan merugi yakni orang beriman, beramal sholeh, dan menyampaikan kebaikan atau berdakwah. Untuk itu, ia mengajak mahasiswa baru untuk memanfaatkan potensi diri untuk menyebarkan kebaikan kepada sesama.

Seminar ini juga menghadirkan dua alumni dr. Desty Wijayanti, MARS., dan dr. Agi Ardian Hidayat, Sp. An,. Turut hadir mendampingi Dekan FKK UMJ Dr. dr. Tri Ariguntar Wikaning Tyas, Sp.PK., dan Sekretaris Prodi Kedokteran dr. Tri Wahyuni, SpPK,.

Dekan FKK UMJ dr. Tri Ariguntar, dalam sambutannya mengatakan bahwa seminar motivasi merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan FKK UMJ. Kali ini, ia berharap mahasiswa baru dapat bersemangat menggali dan mengembangkan potensi diri selama berkuliah.

“Semua manusia mempunyai potensi di dirinya. Maka, cari potensi diri kalian. Jika belum jangan rendah diri temukan dan kembangkan menjadi sebaik-baiknya manusia,” tutur Tri Ariguntar.

Pada kesempatan yang sama, Sekprodi Kedokteran dr. Tri Wahyuni juga mengutip surat Al- Asr ayat 3 “Kita harus saling menasehati dalam kebaikan dan kebenaran”. Maka dari itu, seminar motivasi ini penting karena berbagi pengalaman termasuk kedalamnya.

Desty Wijayanti, MARS., dan dr. Agi Ardian Hidayat, Sp. An,. saat berbagi pengalaman dengan mahasiswa baru FKK UMJ angkatan 2023 di Auditorium dr. Syafri Guricci, Selasa (27/2/2024). (Foto : KSU/Alvin Lazuardy)

Sesi kedua dilanjutkan dengan sharing session bersama Alumni FKK UMJ yaitu dr. Desty Wijayanti, MARS., dan dr. Agi Ardian Hidayat, Sp. An,. Peserta seminar sangat antusias pada setiap sesi diskusi dengan melayangkan pertanyaan-pertanyaan terkait manajemen waktu dalam perkuliahan, tips membuat perencanaan lima tahun dan mempertahankan nilai akademik.

Dalam sesi lain, Chynta Syarah Tsabita, mahasiswa baru kedokteran 2023, mengaku senang dengan kegiatan tersebut. Menurutnya, seminar ini mengajarkan bagaimana pentingnya mengelola waktu dan berbagi pengalaman dalam proses pembelajaran di kodekteran. Ia berharap kegiatan ini akan terus berlanjut bagi mahasiswa baru lainnya.

“Kita jadi tau pentingnya menghargai waktu, karena melalui manajemen waktu bisa meningkatkan prestasi dan menambah pengalaman dengan baik,” ungkap chynta.

Editor : Dian Fauzalia

pkv games
bandarqq
dominoqq
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/dominoqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/bandarqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/pkv-games/