Prodi Kedokteran UMJ Pererat Silaturahim Dengan Orang Tua Mahasiswa Baru

Oleh :
Fazri Maulana
Ketua Prodi Kedokteran dr. Tri Wahyuni, SpPK., saat pemaparan proses pembelajaran prodi kedokteran kepada orang tua mahasiswa baru di auditorium dr. Syafri Gurucci FKK UMJ, Sabtu (9/3/24). (Foto:Alvin Lazuardy)
Ketua Prodi Kedokteran dr. Tri Wahyuni, SpPK., saat pemaparan proses pembelajaran prodi kedokteran kepada orang tua mahasiswa baru di auditorium dr. Syafri Guricci FKK UMJ, Sabtu (9/3/24). (Foto: Alvin Lazuardy)

Program Studi Kedokteran Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jakarta (FKK UMJ) menggelar silaturahim pimpinan dekanat dan prodi dengan orang tua mahasiswa baru angkatan 2023 di auditorium dr. Syafri Guricci FKK UMJ, Sabtu (9/3/24).

Baca juga : Seminar Motivasi FKK UMJ Hadirkan Influencer Dakwah

Dekan FKK UMJ Dr. dr. Tri Ariguntar Wikaning Tyas, Sp.PK., menyambut hangat kedatangan orang tua/wali mahasiswa baru melalui sambungan video. Tri mengatakan forum ini bertujuan untuk menyamakan persepsi antara pimpinan dan orang tua dalam proses pembelajaran.
“Kita memiliki tujuan yang sama yaitu mendorong mahasiswa untuk lulus tepat waktu dengan memiliki prestasi akademik dan non-akademik,” jelas Tri Ariguntar.

Tri juga menjelaskan bahwa pendidikan kedokteran memiliki masa studi yang panjang dalam dua tahap yaitu akademik dan profesi. Mahasiswa baru akan menempuh tahap akademik selama 3,5 tahun dengan mengampu tujuh semester, setelah itu melanjutkan tahap profesi selama 4 semester sehingga totalnya mencapai 5.5 tahun. Ia berharap para orang tua mengerti dan memahami kegiatan yang dilakukan oleh setiap anaknya.

“Setiap anak memiliki waktu adaptasi yang berbeda dan kita harus memahami itu,” ungkap Tri Ariguntar.

Lebih lanjut, Tri mengharapkan para orang tua dapat berdiskusi selama proses kegiatan silaturahim untuk memberikan masukan dalam proses pembelajaran. Hal itu agar tujuan yang ingin dicapai dapat berjalan beriringan antara pimpinan fakultas dan orang tua/wali mahasiswa baru.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi sistem pembelajaran dari dekanat dan prodi. Pemaparan sistem pendidikan, kemahasiswaan, dan Al-Islam Kemuhammadiyahan dilakukan oleh Wadek I FKK UMJ Dr. dr. Rahmini Shabariah, Sp.A. Diketahui dari pemaparan tersebut, FKK UMJ memiliki 9 golden habits yaitu sholat berjamaah, puasa sunnah, zakat, berakhlak Islami, tadarus Al-Qur’an, membaca tuntunan sejarah islam, murajaah, bersikap positif, dan berorganisasi.

Kemudian, pemaparan proses pembelajaran profesi dokter dilakukan oleh Wadek II sekaligus Ketua Prodi Profesi Dokter FKK UMJ Dr. dr. Farsida, MPH., pemaparan kurikulum baru prodi kedokteran oleh Ketua Medical Education Unit (MEU) dr. Tirta Prawita Sari, Sp. Gz,. Terakhir, pemaparan proses pembelajaran prodi kedokteran dilakukan oleh Ketua Prodi Kedokteran dr. Tri Wahyuni, Sp.PK.

Sesi Diskusi Bersama Orang Tua Mahasiswa Baru dalam kegiatan Silaturahim Orang Tua Mahasiswa Angkatan 2023 di Auditorium dr. Syafri Guricci FKK UMJ, Sabtu (9/3/24). (Foto : KSU/Alvin Lazuardy)

Pada kesempatan yang sama, Ketua Prodi Kedokteran dr. Tri Wahyuni, SpPK., menyampaikan bahwa kegiatan silaturahim rutin diadakan diawal semester. Ia menjelaskan bahwa masa studi yang lama membuat orang tua harus ikut mengetahui dan melihat bagaimana proses belajar di Prodi Kedokteran.

“Para orang tua sudah memberikan masukan baik untuk akademik maupun fasilitas penunjang pembelajaran. Kita akan menindaklanjutinya,” kata Tri Wahyuni saat ditemui diakhir kegiatan.

Siman, salah satu orang tua mahasiswa baru mengapresiasi diadakannya kegiatan silaturahim. Ia menilai bahwa kegiatan ini penting, agar orang tua/wali juga mengetahui proses maupun perkembangan pembalajaran dari setiap anaknya.

“Melalui kegiatan ini kami mendapatkan informasi yang detail tentang proses pembelajaran di prodi kedokteran UMJ. Tentunya, kami juga berharap mutu pendidikan dapat terus ditingkatkan” jelas Siman.

Editor : Dian Fauzalia

pkv games
bandarqq
dominoqq
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/dominoqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/bandarqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/pkv-games/