LPPM UMJ Seleksi Peserta KKN Internasional

Oleh :
Mutiara Halimatu's Sadiyah
KKN Internasional UMJ
Ketua LPPM, Prof. Dr. Tri Yuni Hendrawati (tengah) dan Kepala KUI UMJ, Endang Zakaria, MH., (kanan) saat seleksi wawancara calon peserta KKN Internasional di ruang rapat LPPM UMJ, Rabu, (12/07/2023).

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Muhammadiyah Jakarta melakukan seleksi peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Internasional, di ruang rapat LPPM UMJ, Rabu, (12/07/2023). LPPM UMJ bersama dengan Bagian Kerjasama dan Urusan Internasional (KUI) UMJ melakukan seleksi wawancara kepada 20 mahasiswa yang akan mengikuti program tersebut.

Ketua LPPM UMJ, Prof. Tri Yuni Hendrawati, M.Si., IPM. menjelaskan KKN Internasional UMJ yang diadakan di Songkhla, Thailand merupakan upaya UMJ untuk melakukan internasionalisasi Universitas. Di sana, tutur Prof. Yuni, mahasiswa akan mengabdikan diri pada sekolah-sekolah di Songkhla, juga memperkenalkan kultur dan Al-Islam Kemuhammadiyahan (AIK). Oleh karenanya, seleksi yang dilakukan mencakup tes kemampuan bahasa inggris, tes AIK, dan attitude.

Baca juga : Rektor UMJ Kunjungi BKKBN Gelar Audiensi KKN Temantik Stunting

Wawancara dilakukan oleh Ketua LPPM, Prof. Dr. Tri Yuni Hendrawati dan Kepala KUI UMJ, Endang Zakaria, MH. Tahun 2023 ini KKN/ Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) internasional akan berlokasi di 3 sampai 4 sekolah Islam di Provinsi Songkhla, Thailand.

20 mahasiswa dari 8 fakultas yang ada di UMJ dengan antusias mengikuti seleksi tersebut dan berharap dapat mengikuti KKN/ PPL internasional tahun 2023 ini. Seleksi meliputi kemampuan bahasa Inggris, kemampuan komunikasi publik, dan kemampuan lainnya yang berkaitan dengan kesiapan mahasiswa dalam mengikuti program tersebut.

Mahasiswa akan diberangkatkan ke Thailand pada tanggal 6 Agustus 2023 selama 28 hari. Ketua LPPM UMJ, Prof. Dr. Tri Yuni Hendrawati menyampaikan harapannya agar mahasiswa yang dikirim ke Thailand dapat menjadi duta UMJ dan duta Muhammadiyah yang dapat memberikan wawasan baru kepada siswa SD, SMP, dan SMA di Thailand. 

Adapun tidak hanya KKN Internasional, di tahun 2023 ini UMJ juga turut berpartisipasi pada KKN Muhammadiyah dan Aisyiyah (KKNMAS) yang akan dilaksanakan di kepulauan Bangka Belitung pada 4 Agustus-7 September 2023. UMJ mengirim 4 mahasiswa untuk berkontribusi dengan kelompok KKN dari PTMA lainnya.

KKNMAS sendiri terintegrasi antara kegiatan KKN dengan pegabdian Dosen. Dengan demikian, KKNMAS memiliki luaran berupa prosiding di dalam Seminar Nasional di mana dosen bersama Dewan Pembimbing Lapangan dapat bekerja sama melakukan penelitian.

Editor : Budiman

pkv games
bandarqq
dominoqq
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/dominoqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/bandarqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/pkv-games/