ERDAMS FKM Gelar Pelatihan Kehumasan dan Jurnalistik

Oleh :
Kevin Arami
Pelatihan kehumasan dan jurnalistik erdams fkm umj
Anggota ERDAMS beserta Narasumber diacara Pelatihan Kehumasan dan Jurnalistik “Fun Training With ERDAMS” di Ruang Serba Guna LT 2 FKM UMJ, Kamis (13/07/2023).

Mahasiswa yang tergabung dalam Emergency Response in Disaster And Medical Service (ERDAMS) Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) UMJ menyelenggarakan Pelatihan Kehumasan dan Jurnalistik dengan tema “Fun Training With ERDAMS” yang dilaksanakan pada, Kamis (13/07/2023).

Baca juga : Tim K3 FKM UMJ Jadi Peserta Rakernas MDMC 2023

Acara ini dihadiri oleh Ketua Umum ERDAMS Raihan Ali, Ketua Bidang Humas ERDAMS Iqbal Maulana Hasanudin, diisi oleh narasumber Kepala KSU UMJ Dr. Tria Patrianti, M.I.Kom. dan CEO PT. Dream Digital Media R. Hiru Muhammad, S.Sos., M.I.Kom, yang keduanya merupakan Dosen Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UMJ. Puluhan peserta yang merupakan anggota aktif ERDAMS memenuhi Ruang Serba Guna FKM.

Kegiatan ini merupakan program kerja dari Bidang Humas ERDAMS FKM UMJ yang bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang kehumasan yang termasuk didalamnya terdapat jurnalistik dan Public Relations (PR). “Acara ini bertujuan untuk melatih anggota ERDAMS dalam bidang jurnalistik dan Public Relations agar dapat memperkenalkan ERDAMS dan kegiatannya pada masyarakat luas,” ungkap Raihan.

Kepala KSU UMJ Dr. Tria Patrianti, M.I.Kom., memperkenalkan dasar Public Relations serta penggunaannya di kehidupan nyata dalam konteks lembaga ERDAMS. “Public Relations merupakan fungsi manajemen yaitu mengidentifikasi, memantapkan serta membina hubungan yang saling menguntungkan antara organisasi dengan publiknya baik dalam keadaan sukses maupun gagal,” papar Tria.

Selanjutnya, anggota ERDAMS mendapat pelatihan jurnalistik dari CEO PT. Dream Digital Media R. Hiru Muhammad, S.Sos. “Bagaimana mengetahui cara mencari informasi yang valid dari sumber yang terpercaya? Tidak semua informasi itu bisa dijadikan berita, informasi dapat dibuat berita harus dilihat dari nilainya dan melihat subjectnya siapa,” ungkap Hiru.

Hiru memaparkan dasar-dasar jurnalistik seperti unsur berita, nilai berita hingga jenis berita. “Selain itu adapun sumber berita yang dapat kita gunakan yaitu, peristiwa/kejadian, orang penting/pejabat, pernyataan resmi/pidato (siaran), informasi masyarakat/isu,” lanjut Hiru.

Melalui pelatihan tersebut, anggota ERDAMS berkesempatan diskusi dengan pakar kehumasan dan jurnalistik Ketua Bidang Humas ERDAMS Iqbal Maulana Hasanudin mengungkapkan harapannya agar kegiatan tersebut dapat memberikan bermanfaat khususnya pada bidang-bidang terkait yang ada di ERDAMS FKM UMJ.

Pada akhir kegiatan, peserta pelatihan diberikan praktik menulis berita oleh narasumber. Penulis berita terbaik akan dipublikasikan di media internal UMJ.

Editor: Dinar Meidiana

pkv games
bandarqq
dominoqq
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/dominoqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/bandarqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/pkv-games/