Warek 1 UMJ : Guru Harus Bangkitkan The Power of Mind

Oleh :
Kevin Arami
PPG FIP UMJ
Pengukuhan dan Pengambilan Sumpah Profesi Guru Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan Kategori 1 dan 2 Tahun 2022 FIP UMJ di Aula dr. Syafri Guricci FKK UMJ, Sabtu (27/05/2023).

Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan merupakan program pendidikan yang diselenggarakan untuk mempersiapkan lulusan S-1 Kependidikan dan S-1/D-IV Non Kependidikan yang memiliki bakat dan minat menjadi guru agar menguasai kompetensi guru secara utuh sesuai dengan Standar Pendidikan Guru. 

Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta (FIP UMJ) menyelenggarakan Pengukuhan dan Pengambilan Sumpah Profesi Guru Program Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan Kategori 1 dan 2 Tahun 2022 di Aula dr. Syafri Guricci FKK UMJ, Sabtu (27/05/2023).

Baca juga : Orientasi Akademik PPG FIP Wujudkan Guru Profesional

Acara ini dihadiri oleh Rektor UMJ yang diwakili Wakil Rektor 1 UMJ Dr. Muhammad Hadi, S.Kp., M.Kep., Dekan FIP UMJ Dr. Iswan, M.Si., Koordinator PPG FIP UMJ Prof. Dr. Herwina Bahar, M.A., Direktorat
Pendidikan Profesi Guru, Dr. Temu Ismail, M.Si, Dinas Pendidikan Kota Tangerang Selatan Kepala Bidang Ketenagaan, Dedi, S.Sos., M.A., Kaprodi, dan Dosen FIP UMJ.

Pengukuhan dan pengambilan sumpah Program PPG Dalam Jabatan Kategori 1 dan 2 ini diikuti Guru-guru yang berasal dari jabodetabek dan juga luar daerah. Pelaksanaan acara ini dilakukan secara daring dan luring, dengan jumlah peserta yang mengikuti daring ada 123 orang guru sedangkan yang mengikuti secara luring sebanyak 82 orang guru, total keseleruhan ada 205 orang guru yang mengikuti acara ini.

“Peserta PPG Dalam Jabatan ini sebenarnya mereka mendapatkan bantuan pendidikan dari Direktorat Guru dan Tenaga Pendidikan Kemendikbud, dan mengikuti rangkain seleksi”, papar Koordinator PPG FIP UMJ, Prof. Dr. Herwina Bahar, M.A.

“Peserta PPG Dalam Jabatan ini, artinya mereka sudah menjadi guru tetapi tidak memilki sertifikat sebagai guru. Oleh karena itu pemerintah mewajibkan untuk ikut sertifikasi pendidik atau guru. Universitas Muhammadiyah Jakarta menjadi salah satu dari 79 perguruan tinggi yang menyelenggarakan PPG. Program PPG Kategori 1 dan 2 ini dilaksanakan 3-4 bulan”, lanjut Herwina.

Disamping itu, Dekan FIP UMJ Dr. Iswan, M.Si. menyampaikan bahwa Pengukuhan dan pengambilan sumpah Program PPG Dalam Jabatan ini merupakan mandat dan ditunjuk langsung oleh Kemendikbudristek.

“Proses Pendidikan Profesi Guru ini merupakan mandat dan ditunjuk lansung oleh Kemendikbudristek, dan dalam hal ini UMJ dipercaya untuk menyelenggarakan acara ini. Sejak tahun 2017 dan 2018 UMJ sudah menyelanggarakan PPG Pra Jabatan dan dilanjutkan dari tahun ke tahun PPG Dalam Jabatan hingga saat ini”, papar Dr. Iswan, M.Si.

Pembacaan Sumpah PPG Dalam Jabatan Kategori 1 dan 2 Tahun 2022 FIP UMJ di Aula dr. Syafri Guricci FKK UMJ, Sabtu (27/05/2023).

Wakil Rektor I UMJ Dr. Muhammad Hadi, S.Kp., M.Kep. yang hadir dalam acara ini menyampaikan sambutannya bahwa profesi guru merupakan profesi yang mulia. Menjadi guru tidak hanya mengajar dan mendidik peserta didik, tetapi bagaimana membuat inovasi dalam teknik mengajar agar bisa sampai kepada peserta didik.

“Tidak hanya mengajar, guru juga harus membangkitan Power of Mind kepada peserta didik. Mengalihkan kekuatan pikiran yang lemah menjadi kuat dalam berpikir”, ujar Dr. Muhammad Hadi, S.Kp., M.Kep.

“Profesi guru merupakan profesi yang mulia dan kita semua belajar dari guru”, lanjut Hadi.

Seorang Guru merupakan tenaga pendidik yang berperan penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Pada jenjang pendidikan mulai dari pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah guru memiliki pengaruh bagi siswa siswi yang diajarkan dalam sebuah metode pembelajaran atau dalam hal berperilaku.

Penambilan Angklung Siswa/i Lab School FIP UMJ di Aula dr. Syafri Guricci FKK UMJ, Sabtu (27/05/2023).

Sebagai bagian dari acara Pengukuhan PPG Dalam Jabatan Kategori 1 dan 2, ada kesan dan pesan yang disampaikan oleh Komariah S..PD. Gr, seorang guru yang menjadi peserta PPG Dalam Jabatan Kategori 1

“Kita sebagai guru perempuan harus berbagi 3 kewajiban yaitu, kewajiban sebagai guru, kewajiban dalam rumah tangga, kewajiban kita mengambil PPG Dalam Jabatan 1 dan 2. Dan bukan suatu kemudahan menjalaninya, dan kami memohon doa semoga kami yang lulus PPG Dalam Jabatan Kategori 1 dan 2 Tahun 2022 dapat menjadi guru profesional serta berusaha melaksanakan pembelajaran yang realistik, relevan, aktif, kreatif, inovatif dan menyenangkan bagi peserta didik”, ungkap Komariah.

Acara dilanjutkan dengan pengambilan sumpah PPG Dalam Jabatan Kategori 1 dan 2 serta penyematan selempang kepada lulusan PPG Dalam Jabatan Kategori 1 dan 2 Tahun 2022 FIP UMJ. Sebagai penutup, penampilan angklung Siswa/i Lab School FIP UMJ turut menyemarakkan acara ini.


Editor : Tria Patrianti