Mahasiswa UMJ Wakili Indonesia di SEA Games 2023

Oleh :
Kholifatul Husna
Mahasiswa UMJ Wakili Indonesia di SEA Games 2023
Atlet UMJ wakili Indonesia di SEA GAMES 2023, Sebelah kiri Yazid Hanif Kurniawan (FIP) dan Alfadhila Ramadhan (FEB), atas Riana Oktavia (FISIP), dan bawah Wahyu Setiawan (FIP).

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) Wahyu Setiawan, Yazid Hanif Kurniawan, Alfadhila Ramadhan, dan Riana Oktavia bersama kontingen atlet nasional mewakili Indonesia dalam pesta olahraga ASEAN SEA Games 2023 di Kamboja pada 5-17 Mei 2023.

Prestasi Indonesia dalam bidang olahraga mendorong pemerintah untuk memberikan dukungan besar bagi atlet-atlet Indonesia dalam berbagai event baik nasional maupun internasional. Dilansir dari laman resmi Kompas.com Menteri Pemuda dan Olahraga, Dito Ariotedjo Bersama Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo telah melepas kontingen Indonesia di Istana Merdeka pada Selasa (02/05/2023).

Jokowi mendorong motivasi para atlet untuk bersama-sama meningkatkan prestasi Indonesia pada ajang SEA Games. Presiden RI Jokowi berharap pada kontingen Indonesia dapat meraih medali emas dan peringkat lebih banyak dari sebelumnya.

“Saya hanya pesan di SEA Games Vietnam kita memperoleh medali emas sebanyak 69 buah, dan peringkat kita diperingkat ketiga. Nah, sekarang mestinya lebih dari itu. Saya minta medali emasnya diatas 69, peringkatnya juga diatas tiga, saat ini pilihanya hanya ada dua peringkat satu atau dua,” Jelas Jokowi dalam sambutannya.

Mahasiswa UMJ Wahyu Setiawan dan Yazid Hanif Kurniawan atlet nasional ini ternyata merupakan mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan yang sebelumnya telah mempersembahkan banyak medali untuk Indonesia. Total medali yang dipersembahkan Wahyu untuk Indonesia diantaranya 8 emas, 6 perak, dan 4 perunggu sejak tahun 2013 hingga 2022.  Diketahui saat ini Wahyu mengikuti cabang olahraga Atletis pada SEA Games 2023.

Selain itu, Alfadhila, Yazid, dan Riana megikuti cabang olahraga Kun Bokator pada SEA Games 2023 kali ini. Alfadhila mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis dan Yazid ternyata sebelumnya merupakan atlet tapak suci yang pernah mewakili Indonesia untuk mengenali Pecak Silat Indonesia di Arab Saudi dan berhasil menyabet kejuaraan Dunia tapak suci dengan kategori harapan IV.

Tidak hanya itu, ada Riana mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik sebelumnya berhasil meraih juara umum pada ajang 19th World Pecak Silat Championship 2022 di Melaka International Trade Centre (MITC) Malaysia.

Rektor UMJ Dr. Ma’mun Murod, S.Sos., M.Si. mengaku bangga atas terpilihnya keempat mahasiswa UMJ bersama dengan kontingen atlet nasional dalam mewakili Indonesia pada pesta olahraga ASEAN SEA Games 2023 di Kamboja. Ma’mun berharap ketiga mahasiswa UMJ mampu memberikan prestasi yang terbaik untuk Indonesia.

Selaras dengan itu, Wakil Rektor IV Dr. Septa Candra, MH. memberikan ucapan selamat dan sukses kepada Wahyu, Alfadhila, Yazid, dan Riana dalam mengikuti SEA Games 2023 dengan harapan dapat membawa nama baik Indonesia khususnya UMJ.

“Ini adalah kesempatan yang baik dan prestasi yang luar biasa bisa membawa nama indonesia dan kampus UMJ di ajang SEA Games. Mari kita doa kan agar ketiga mahasiswa UMJ terkhusus dan seluruh kontingen Indonesia bisa memberikan yang terbaik untuk Indonesia,” ungkap Septa.

Kamboja merupakan kali pertama menjadi tuan rumah SEA Games 2023 setelah penantian 64 tahun sejak 31 kali penyelenggaraan SEA Games. Sebanyak 32 cabang olahraga dipertandingkan dalam SEA Games 2023.

Editor : Tria Patrianti