Mahasiswa UMJ Lolos Final Cabor Atletik FISU World 2023

Oleh :
Nadiva Rahma
Wahyu Setiawan, atlet mahasiswa Pendidikan Olahraga FIP UMJ yang lolos ke babak final FISU WORLD 2023 di Chengdu, China, (02/08/2023).
Wahyu Setiawan, atlet mahasiswa Pendidikan Olahraga FIP UMJ yang lolos ke babak final FISU WORLD 2023 di Chengdu, China, (02/08/2023).

Mahasiswa Pendidikan Olahraga Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta (POR FIP UMJ) Wahyu Setiawan, berhasil masuk babak final pada cabang olahraga (cabor) atletik 100 meter dalam ajang FISU World 2023 yang diselenggarakan di Chengdu, China, (02/ 08/2023).

FISU World merupakan perayaan terbesar dan paling bergengsi bidang olahraga dan budaya di kalangan universitas sedunia yang diselenggarakan setiap dua tahun sekali. FISU World diikuti oleh mahasiswa dari seluruh dunia termasuk Indonesia. Pertandingan olahraga internasional ini menjadi wadah untuk atlet mahasiswa dalam memadukan olahraga dan pendidikan.

Wahyu Setiawan terpilih mewakili UMJ berdasarkan seleksi data prestasi yang dilakukan oleh Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI). Prestasi membanggakan ini diungkapkannya dengan senang. Karena selain mengharumkan nama negara dan universitas, Wahyu juga mengaku dapat mempelajari budaya baru dari peserta lain yang berasal dari berbagai negara.

“Setelah lolos seleksi, saya latihan setiap saat. Karena atlet harus jaga kondisi setiap saat, dibantu juga dengan asupan gizi yang seimbang. Beruntung UMJ mendukung perjalanan saya secara penuh sehingga saya bisa sampai ke babak final,” ujar Wahyu.

Sejalan dengan hal tersebut, Wahyu juga merupakan salah satu mahasiswa UMJ yang sebelumnya telah meraih banyak prestasi pada ajang kejuaraan atletik olahraga baik nasional maupun internasional. Salah satunya dalam ajang SEA Games 2023 di Kambodja, Wahyu berhasil menyumbangkan medali emas pada cabang atletik untuk Indonesia.

Wahyu juga mengungkapkan perbedaan yang ia rasakan ketika bertanding di FISU WORLD dengan pertandingan di Sea Games 2023. “Tentunya berbeda. Karena Sea Games tingakatannya Asia Tenggara, kalau FISU WORLD ini tingkatan dunia. Begitu juga dengan tingkat kesulitannya,”ujar Wahyu

Lebih lanjut, Wahyu menyampaikan rencana pertandingan yang akan datang yaitu Training Center yang akan berlangsung di China selama 3 bulan. Wahyu berharap ia akan selalu memberikan yang terbaik untuk negara dan universitas dalam setiap pertandingannya. (NV/MT/KSU).

Editor: Dinar Meidiana

pkv games
bandarqq
dominoqq
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/dominoqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/bandarqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/pkv-games/