Mahasiswa FKM UMJ Ajak Warga Tangsel Kreasikan Sampah

Oleh :
Kontributor FKM
LSO SEMESTA FKM UMJ
Lembaga Semi Otonom Seruan Mahasiswa Peduli Kesehatan (LSO SEMESTA) FKM UMJ, komunitas Sahabat Muda Tangerang Selatan (Semut Tangsel) dan anak-anak Taman Baca Pasar Gintung di Taman Baca Pasar Gintung Tangsel, Minggu, (10/09/2023).

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) yang tergabung dalam Lembaga Semi Otonom Seruan Mahasiswa Peduli Kesehatan (LSO SEMESTA) Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) UMJ berkolaborasi dengan komunitas Sahabat Muda Tangerang Selatan (Semut Tangsel) menggelar kegiatan Gerakan 3R (Reuse, Reduce, Recycle) yang bertemakan Meningkatkan Kreativitas Anak Terkait Sampah Melalui Pengelolaan 3R Menuju Generasi yang Inovatif”. Kegiatan ini diadakan di Taman Baca Pasar Gintung Tangsel, Minggu, (10/09/2023).

Baca Juga : BEM FKM UMJ Berikan Pelatihan Penulisan CV Kepada Mahasiswa

Melalui program kerja Project Group Penyelamatan dan Penyehatan Lingkungan (PPL), Semesta memberikan pengenalan materi mengenai jenis-jenis sampah, dan pemanfaatan sampah. Kemeriahan juga diisi oleh anak-anak Taman Baca Pasar Gintung yang menampilkan kreasi tarian. Selain itu, untuk mendukung kreatifitas anak terkait 3R, diadakan pula praktik menjiplak tangan yang dilakukan di atas tas jinjing.

“Kita mengajarkan sejak dini kepada anak-anak untuk mengurangi penggunaan sampah plastik. Oleh karena itu, kami selaku Project Group Penyelamatan dan Penyehatan Lingkungan mengajarkan kepada anak-anak Taman Baca Pasar Gintung untuk menggunakan tas jinjing yang mereka kreasikan agar digunakan saat berbelanja ke supermarket ataupun belanja ke warung dekat tempat tinggal mereka,” ujar Ketua Umum LSO Semesta, Joko Priono.

Kegiatan Gerakan 3R (Reuse, Reduce, Recycle) oleh LSO SEMESTA Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) UMJ, di Taman Baca Pasar Gintung Tangsel, Minggu, (10/09/2023).
Kegiatan Gerakan 3R (Reuse, Reduce, Recycle) oleh LSO SEMESTA Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) UMJ, di Taman Baca Pasar Gintung Tangsel, Minggu, (10/09/2023).

Kegiatan Gerakan 3R bertujuan untuk menambah pengalaman dan pengetahuan kepada anak-anak Taman Baca Pasar Gintung yang dapat diterapkan di kehidupan sehari-hari. Ini berguna untuk mengurangi sampah organik, non-organik maupun B3. Antusiasme dari anak-anak Taman Baca Pasar Gintung dalam mendengarkan dan melakukan praktik menjiplak tangan di totebag canvas, serta kesan baik dari para orang tua, menambah semangat panitia Semesta.

“Saat salah satu dari kami bertanya, apa fungsi dari totebag jiplakan tangan itu, lalu mereka (anak-anak) menjawab untuk jajan ke warung atau ke Supermarket agar tidak memakai plastik lagi, kami senang sekali rasanya. Ini artinya tujuan adanya kegiatan ini tersampaikan kepada anak-anak di Taman Baca Pasar Gintung,” imbuh Joko.

Penulis : Haifa Rizki Farchani
Ditulis kembali oleh : Mutiara Halimatu’s Sadiyah/KSU
Editor : Budiman

pkv games
bandarqq
dominoqq
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/dominoqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/bandarqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/pkv-games/