BEM FKM UMJ Berikan Pelatihan Penulisan CV Kepada Mahasiswa

Oleh :
Nadiva Rahma
pelatihan penulisan Curriculum Vitae (CV) pelatihan penulisan Curriculum Vitae (CV) kepada mahasiswa yang digelar secara daring pada Minggu, (03/09/2023).
Pelatihan penulisan Curriculum Vitae (CV) kepada mahasiswa yang digelar secara daring pada Minggu, (03/09/2023).

Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Jakarta (BEM FKM UMJ) berikan pelatihan penulisan Curriculum Vitae (CV) kepada mahasiswa pada Minggu, (03/09/2023) yang digelar secara daring. Pelatihan ini merupakan realisasi dari program kerja Departemen Minat dan Bakat BEM FKM UMJ dengan menghadirkan tiga narasumber yang berkompeten di bidangnya yakni Haris Hendrik (Awardee LPDP Luar Negeri Imperial College London & Founder Lensa Pendidikan Indonesia), Raisal MF (Internship Kampus Merdeka College London & Founder Lensa Pendidikan Indonesia), dan Annenova Carolwyna (Talent Support Manager at Dibimbing.id & Ex Recruitment Consultant at Glints).

Baca juga : IMM FKM UMJ Kunjungi DPR RI

CV merupakan salah satu hal penting yang wajib dilampirkan pada saat melamar pekerjaan, sehingga CV harus dibuat semenarik mungkin dan sesuai dengan kriteria posisi yang akan dilamar. Mengusung tema Unlocking The Outstanding CV for Maximizing Our Experience, pelatihan ini bertujuan untuk membantu mahasiswa dalam membuka gerbang memasuki dunia pekerjaan.

Pada kesempatan ini, peserta CV Training diajarkan bagaimana cara membuat CV yang menarik dan kreatif. Haris Hendrik sebagai narasumber pertama menyampaikan hal apa saja yang perlu diperhatikan agar CV terlihat menarik dan berkualitas, yaitu dengan memperbanyak pengalaman dalam berbagai hal, Mulai dari pengalaman berorganisasi, pengalaman kerja serta achievement yang pernah diraih oleh seseorang. “CV harus selalu diupdate agar tetap relevan dengan kondisi kita saat ini, tidak dibiarkan begitu saja dalam waktu yang lama karena pencapaian manusia pasti terus berkembang,” tegas Haris.

Dilanjutkan dengan narasumber kedua, Raisal MF memaparkan tentang perbedaan antara CV Applicant Tracking System (ATS) dan CV Kreatif. Raisal juga menjelaskan tentang penggunaan CV ATS, CV Kreatif serta do’s dan don’ts saat membuat CV. Raisal juga tak segan memberikan ilmunya tentang hal apa saja yang perlu diperhatikan dalam pembuatan CV agar terlihat professional dan tidak membosankan.

Diakhiri oleh narasumber ketiga, Annenova Carolwyna, yang menyampaikan tentang Bagaimana cara membangun personal branding pada media LinkedIn dan CV agar dilirik oleh Human Resorce Development (HRD). LinkedIn merupakan media sosial yang memungkinkan penggunanya saling terkoneksi dalam dunia pekerjaan sehingga tidak hanya digunakan oleh para jobseekers, melainkan juga dapat dimanfaatkan oleh Recruiter dalam mencari kandidat yang sesuai dengan kriteria perusahaan atau posisi yang dibutuhkan.

Diikuti oleh 71 peserta CV Training, seluruh peserta tampak antusias dalam mengikuti pelatihan ini. Selain pemaparan materi, peserta diberi kesempatan untuk mereview CV yang telah dibuat.

Editor : Dinar Meidiana

pkv games
bandarqq
dominoqq
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/dominoqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/bandarqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/pkv-games/