12 Mahasiswa UMJ Dilepas Mengikuti Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka

Oleh :
Mutiara Halimatu's Sadiyah
Foto bersama pimpinan UMJ dan sivitas akademika dengan mahasiswa PMM 2023
Kiri Ke kanan, Dekan Ftan UMJ, Dr. Ir. Sularno, M.Si., Wakil Rektor III, Dr. Rini Fatma Kartika, S.Ag., MH., Wakil Rektor I, Dr. Muhammad Hadi, S.KM., M.Kes., Wakil Rektor IV, Dr. Septa Candra, SH., MH., Koordinator Dosen Pembimbing program PMM, Prof. Dr. Herwina Bahar, MA., dan Prof. Dr. Ir. Budiyanto, MT., di ruang sidang Fakultas Agama Islam (FAI) UMJ, Senin (21/08/2023).

Sebanyak 12 mahasiswa UMJ lolos mengikuti program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) dan akan disebar di beberapa perguruan tinggi lain, seperti Universitas Muhammadiyah Aceh, Universitas Teknokrat Indonesia, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong, Universitas Musamus Merauke, Universitas Negeri Padang, Universitas Pendidikan Ganesha, Universitas Samudra, dan Universitas Malikussaleh.

Seluruh peserta PMM tersebut resmi dilepas oleh Wakil Rektor I, Dr. Muhammad Hadi, S.KM., M.Kep., dan Wakil Rektor IV, Dr. Septa Candra, SH., MH., dalam acara pelepasan yang digelar di ruang sidang Fakultas Agama Islam (FAI) UMJ, Senin (21/08/2023).

Baca juga : PMM UMJ Libatkan HW Dalam Outdoor Learning

“PMM merupakan bagian yang penting untuk capaian Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi. Ada hal-hal yang perlu diperhatikan okeh peserta terpilih karena kegiatan ini dapat membawa manfaat yang luar biasa buat kita, khususnya promosi universitas,” ujar Prof. Dr. Herwina Bahar, MA., Koordinator Dosen Pembimbing program PMM.

Selain pelepasan, acara hari itu diisi juga dengan berbagai pembekalan. Dalam sesi ini Wakil Rektor I UMJ berpesan agar mahasiswa PMM dapat menjaga kesehatan selama enam bulan di luar kota.
“Berikanlah yang terbaik di kampus tujuan, baik dalam hal prestasi akademik maupun perilaku. Jika ada kesulitan, bisa koordinasi dengan pihak universitas penerima dan komunikasikan selalu dengan UMJ,” tutur Hadi.

Sementara itu Warek IV UMJ turut menyampaikan harapannya agar mahasiswa dapat menjaga nama baik dan citra almamater UMJ. Septa berpesan agar mahasiswa dapat mengamalkan peribahasa “di mana bumi dipijak di situ langit dijunjung.”

Selanjutnya, dihadirkan pula mahasiswa PMM tahun 2022 untuk berbagi pengalaman. Febri Amrullah adalah mahasiswa program studi Pendidikan Agama Islam yang tahun lalu mengikuti program PMM di Universitas Khairun Ternate. Ia bercerita tentang pengalamannya ditunjuk jadi Ketua PMM yang menaungi 162 mahasiswa dari berbagai universitas dan juga pengalaman membangun dermaga kapal dan menanam mangrove.

Sedangkan peserta PMM 2023 diwakilkan oleh Asa Afifatun Nazma dari Prodi Ilmu Komunikasi FISIP UMJ. Asa mengungkapkan rasa syukur mendapat kesempatan belajar sambil mengenal kebudayaan Nusantara. Asa berharap, ia dan teman-teman yang lain dapat memberi kesan positif untuk universitas penerima dan kembali ke UMJ dengan segudang ilmu yang bermanfaat.

Kegiatan pembekalan dan pelepasan mahasiswa PMM 2023 turut dihadiri oleh Wakil Rektor III, Dr. Rini Fatma Kartika, S.Ag., MH., Prof. Dr. Ir. Budiyanto, MT., Dekan Fakultas Pertanian (FTan) Dr. Ir. Sularno, M.Si., serta Wakil Dekan I Ftan UMJ, dan segenap sivitas akademika UMJ.

Editor : Tria Patrianti

pkv games
bandarqq
dominoqq
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/dominoqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/bandarqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/pkv-games/