Wakil Rektor I UMJ Sambut Mahasiswa PMM Angkatan 4

Oleh :
Dinar Meidiana
Wakil Rektor I UMJ Sambut Mahasiswa PMM Angkatan 4
Dr. Muhammad Hadi, M.Kep., Dr. Ir. Mutmainah, Dr. Septa Candra, MH., Prof. Dr. Ir. Budiyanto, MT., Dekan, Wakil Dekan, Kaprodi, dan dosen di lingkungan UMJ bersama mahasiswa inbond program PMM Angkatan 4 di Auditorium Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Senin (26/02/2023). (Foto:KSU/M.H Fahmi)

Wakil Rektor I Dr. Muhammad Hadi, S.Kp., M.Kep., mewakili Rektor Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) menyambut peserta inbond program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) Angkatan 4. Penyambutan itu dilakukan dalam acara Penerimaan dan Pengenalan Kampus Program PMM Angkatan 4 di Auditorium Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Senin (26/02/2023).

Baca juga : UMJ Lanjutkan Program PMM Angkatan 4

Hadi menyambut baik kehadiran para mahasiswa dari luar Pulau Jawa yang berjumlah 34 orang. “Harapannya adik-adik konsisten sesuai dengan program studi yang dipilih,” ungkap Hadi. Menurutnya kegiatan itu merupakan amanat dari negara sehingga mahasiswa maupun perguruan tinggi harus melaksanakan dengan sebaik-baiknya.

Diketahui UMJ juga mengirimkan mahasiswa dalam program PMM ke perguruan tinggi di luar Pulau Jawa sebanyak 12 orang. “Semoga nanti bisa menerima mahasiswa (inbond) lebih banyak dan mengirim (outbond) lebih banyak,” ungkapnya.

Hadi berpesan pada seluruh mahasiswa agar dapat menjalankan program PMM dengan sebaiknya, menjaga kesehatan, dan selalu berkoordinasi dengan pihak kampus UMJ. Pesan senada juga datang dari Wakil Rektor IV Dr. Septa Candra, MH., yang turut hadir memberikan arahan dan memperkenalkan lingkungan UMJ.

Septa membuka kesempatan bagi mahasiswa PMM untuk bergabung di lembaga kemahasiswaan. Menurutnya UMJ memiliki lembaga kemahasiswaan yang cukup lengkap untuk pengembangan diri dan potensi mahasiswa.

“Bagi mahasiswa yang aktif berorganisasi maupun berkegiatan di kampus asalnya, silakan bergabung dengan lembaga kemahasiswaan di UMJ. Selama inbond di UMJ, saudara sekalian kami anggap sebagai bagian dari UMJ. Maka fasilitas yang ada di UMJ bisa dinikmati juga. Silahkan mengenal lingkungan UMJ,” ujar Septa saat memberikan arahan.  

Ia juga berharap selama enam bulan di UMJ dapat dijalankan dengan berkesan, menyenangkan, dan bahagia. Sementara itu Ketua Lembaga Pengembangan, Pendidikan, Pengajaran, dan Perencanaan Strategis (LP4S) Prof. Dr. Ir. Budiyanto, MT., menganjurkan para mahasiswa mengecek kesehatan di Klinik UMJ.

Ia mengungkapkan rasa terima kasih kepada jajaran pimpinan UMJ karena para mahasiswa telah diberikan fasilitas asrama. Budi juga memperkenalkan kegiatan mahasiswa yang ada di UMJ yang dapat diikuti oleh mahasiswa PMM Angkatan 4.

“Saudara bisa bergabung sehingga mendapatkan kebinekaan yang luar biasa. Semoga juga dapat mengikuti perkuliahan dengan baik,” ungkapnya. Pada kesempatan itu Budi selaku Ketua LP4S menyerahkan secara resmi mahasiswa PMM kepada Wakil Rektor IV.

Salah satu mahasiswa PMM Angakatan 4 UMJ Flavianus Charli Ranu asal Kupang, mengaku senang diterima di UMJ yang merupakan pilihan pertamanya. Mahasiswa Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Kupang ini percaya diri diterima di UMJ karena sesama Muhammadiyah.

“Senang sekali bisa menambah pengalaman yang tidak dimiliki mahasiswa lain. Ini pertama kalinya ke Jakarta dan naik pesawat. Semoga dari program PMM ini, saya bisa mendapat pengalaman dan ilmu,” ungkap mahasiswa yang akrab disapa Charli saat dimintai keterangan seusai acara.

Mahasiswa beragama Katolik ini mengaku tidak begitu mengalami kesulitan berkuliah di kampus Muhammadiyah dan belajar toleransi. Itu pula yang menurutnya harus dilakukannya selama kuliah di UMJ.

Seluruh mahasiswa PMM Angkatan 4 juga dibekali materi terkait kurikulum dan program yang akan dilakukan selama 6 bulan di UMJ oleh Ketua Komite Merdeka Belajar Kampus Merdeka Prof. Dr. Herwina Bahar, MA.

Acara yang digelar hybrid ini turut dihadiri oleh Wakil Rektor II Dr. Ir. Mutmainah, MM., Wakil Rektor III Dr. Rini Fatma Kartika, MH., Dekan, Wakil Dekan, Kaprodi, Koordinator PMM UMJ Tahun 2024 Lidiyatul Izzah, M.Pd., dan dosen di lingkungan UMJ.

Editor : Dian Fauzalia

pkv games
bandarqq
dominoqq
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/dominoqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/bandarqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/pkv-games/