PMM UMJ Libatkan HW Dalam Outdoor Learning

Oleh :
Dinar Meidiana
Upacara Pembukaan Outdoor Learning Program PMM UMJ 2022, di Sentul, Bogor, Sabtu (31/12).

Ratusan mahasiswa program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) Tahun 2022 ikuti rangkaian program pembelajaran luar kelas yang diselenggarakan di Sentul, Bogor. Kegiatan yang mengusung tema Outdoor Learning for Student Enlightening melibatkan Kepanduan Hizbul Wathan UMJ dalam hal pembelajaran yang berkaitan dengan menumbuhkan dan meningkatkan rasa cinta lingkungan, bangsa dan tanah air.

Hal tersebut diungkapkan Penanggung Jawab Program PMM UMJ Prof. Herwina Bahar, MA., Sabtu (31/22). “Program kebhinekaan difokuskan pada program untuk memahami tentang keberagaman dan cinta kepada lingkungan, bangsa dan negara. Kegiatan hari ini adalah camping yang bekerja sama dengan Kepanduan Hizbul Wathan. Tim HW untuk menciptakan mahasiswa yang memiliki rasa cinta kepada lingkungan, bangsa dan negara,” kata Herwina.

Hal tersebut selaras dengan pembelajaran Program PMM yang mengacu pada Modul Nusantara yang digunakan selama program berlangsung. Herwina menjelaskan bahwa kegiatan yang berlangsung selama dua hari hingga 1 Januari 2023 tersebut akan menjadi momen bagi mahasiswa PMM untuk tidak hanya belajar tentang wawasan kebhinekaan tapi juga merefleksi atas kegiatan yang telah dilewati selama kurang lebih empat bulan di UMJ.

Dr. Muhammad Hadi, M.Kep., Prof. Herwina Bahar, MA., bersama Dosen Pembimbing Lapangan dan Mahasiswa PMM UMJ 2022, di Sentul, Bogor, Sabtu (31/22).

Sementara itu, Warek I UMJ Dr. Muhammad Hadi, M.Kep., yang hadir sekaligus secara resmi membuka kegiatan pembelajaran luar kelas mengatakan, bahwa program PMM yang diamanahkan oleh pemerintah kepada UMJ telah dilaksanakan dengan baik. Hadi menilai pertukaran mahasiswa sebagai program yang sangat baik karena menjadi ajang pertukaran budaya dari banyak daerah di Indonesia. Ia berharap pemerintah juga akan berorientasi pada pertukaran mahasiswa internasional.

“Kami atas nama UMJ berterima kasih kepada pemerintah. Ke depan kami berharap Program PMM dapat berorientasi pada program PMM bersifat internasional, sehingga bertukar dengan mahasiswa dalam negeri, tapi juga ada mahasiswa luar negeri, baik inbond maupun outbond,” ungkap Hadi.

Hadi maupun Herwina berharap mahasiswa Program PMM mendapatkan kesan baik selama bergabung di UMJ. Hadi menghimbau pada mahasiswa untuk mengambil kebaikan dan berharap mahasiswa mendapatkan nilai lebih dari UMJ. Senada dengan Hadi, Herwina berharap program ini dapat bermakna bagi para mahasiswa sebagaimana tema yang diangkat PMM UMJ 2022 yaitu Bertukar Sementara, Bermakna Selamanya.

Walaupun sejak siang wilayah Bogor diguyur hujan, tidak menurunkan semangat mahasiswa PMM UMJ 2022 untuk terus mengikuti rangkaian kegiatan. Seluruh mahasiswa antusias karena rangkaian kegiatan outdoor learning dimeriahkan oleh penampilan seni dan perlombaan. Kegiatan juga dihadiri oleh seluruh Dosen Pembimbing Lapangan Program PMM UMJ 2022 dan segenap anggota Kepanduan Hizbul Wathan UMJ. Mahasiswa Program PMM yang berjumlah 243 orang berasal dari berbagai wilayah di luar Pulau Jawa, terdiri dari 19 provinsi dan 53 perguruan tinggi. Mahasiswa tersebut akan mengakhiri masa pertukaran pada 19 Januari 2023 mendatang. (DN/KSU)

pkv games
bandarqq
dominoqq
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/dominoqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/bandarqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/pkv-games/