Dekan FT UMJ Terima Kunjungan International Islamic University Malaysia

Oleh :
Dinar Meidiana
Dekan FT UMJ Terima Kunjungan International Islamic University Malaysia
Dr. Ir. Irfan Purnawan, S.T., M.Chem.Eng., (kanan) menyerahkan cendera mata pada Dr. Ir. Sarina Sulaiman,(kiri) seusai pertemuan di Ruang Rapat Kolokium Gedung FT UMJ, Rabu (21/02/2024). (Foto : Dok.FT UMJ)

Dekan Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta (FT UMJ) menerima kunjungan dari International Islamic University Malaysia (IIUM) di Ruang Rapat Kolokium FT UMJ, Rabu (21/02/2024). Kunjungan tersebut merupakan penjajakan kerja sama.

Baca juga : FT UMJ Terima Kunjungan SMKN 03 Jakarta

Dekan FT UMJ Dr. Ir. Irfan Purnawan, S.T., M.Chem.Eng., didampingi oleh para Wakil Dekan menyambut kehadiran Deputy Dean dari Postgraduate & Responsible Research Dr. Ir. Sarina Sulaiman beserta rombongan.

Ia menyampaikan bahwa kunjungan yang akan ditindak lanjut dengan kerja sama itu akan memberikan manfaat besar bagi kedua lembaga.

“Kerjasama ini merupakan langkah maju dalam memperkuat kapasitas akademis dan penelitian Fakultas Teknik UMJ. Dengan bersinergi bersama IIUM, kami yakin dapat menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih global dan berkualitas,” ujarnya.

Sementara itu Dr. Ir. Sarina Sulaiman menegaskan bahwa IIUM berkomitmen untuk mendukung kerja sama itu, menurutnya UMJ adalah mitra potensial. “Kerjasama ini akan membuka peluang bagi pertukaran mahasiswa, dosen, dan penelitian bersama, sehingga dapat meningkatkan pemahaman lintas budaya dan memperkaya pengalaman pendidikan,” ungkapnya.

Kerja sama direncanakan akan dilakukan dalam ruang lingkup pendidikan, penelitian dan pengembangan teknologi. Beberapa bidang kerjasama yang dijajaki antara Fakultas Teknik UMJ dan IIUM meliputi beberapa program.

Dekan FT UMJ Dr. Ir. Irfan Purnawan, S.T., M.Chem.Eng., didampingi oleh para Wakil Dekan menyambut kehadiran Deputy Dean dari Postgraduate & Responsible Research IIUM Dr. Ir. Sarina Sulaiman beserta rombongan di Ruang Rapat Kolokium FT UMJ, Rabu (21/02024). (Foto : Dok.FT UMJ)

Melalui kerja sama ini, mahasiswa dan dosen berpeluang mengikuti program pertukaran, meningkatkan pemahaman antar budaya, dan mendapatkan pengalaman akademis internasional.

Selain itu juga dapat dilakukan penelitian bersama (joint research) dalam bidang teknik yang relevan untuk meningkatkan kontribusi ilmiah dan inovasi. Kemudian dapat pula melakukan pengembangan kurikulum.

Program itu dilakukan untuk meninjau dan memperbarui kurikulum untuk mencerminkan perkembangan terkini dalam ilmu pengetahuan dan teknologi, sesuai dengan standar internasional. Program lainnya ialah kegiatan ilmiah, workshop, dan seminar bersama untuk memfasilitasi pertukaran ide dan pengetahuan di antara mahasiswa dan akademisi kedua institusi.

Kerjasama ini diharapkan akan memberikan dampak positif dalam meningkatkan mutu pendidikan dan riset di kedua universitas serta membuka peluang baru bagi mahasiswa dan staf akademis untuk berkembang secara internasional.

Kolaborasi kedua universitas juga diharapkan pula dapat menjadi contoh bagi kerjasama serupa antara perguruan tinggi di Indonesia dan Malaysia, memperkuat integrasi antarbangsa dalam dunia pendidikan tinggi.

Editor : Dian Fauzalia

pkv games
bandarqq
dominoqq
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/dominoqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/bandarqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/pkv-games/