Mahasiswa Teknik Kimia FT UMJ Terima Beasiswa IKALUMIA

Oleh :
Dinar Meidiana
Mahasiswa Teknik Kimia FT UMJ Terima Beasiswa IKALUMIA
Mahasiswa Prodi Teknik Kimia FT UMJ penerima Beasiswa IKALUMIA FT UMJ di Aula Djoeanda, Sabtu (02/03/2024). (Foto : Dok. FT UMJ)

Mahaiswa Prodi Teknik Kimia Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta (FT UMJ) menerima beasiswa dari Ikatan Alumni Teknik Kimia (IKALUMIA) FT UMJ, Sabtu (02/03/2024). Beasiswa itu diserahkan pada mahasiswa berprestasi baik akademik dan non-akademik di Aula Djoeanda.

Baca juga : Dekan FT UMJ Terima Kunjungan International Islamic University Malaysia

Itu merupakan program Beasiswa IKALUMIA FT UMJ Batch ke 7 dengan total beasiswa sebesar sepuluh juta rupiah. Kelima mahasiswa itu ialah Ghina Kamilah Nuriana, Intan Fitria Ningsih, Angelia Ainun Arifka, Zibran Chairunisa, Meisya Miftahul Jannah.

Mereka terpilih berdasarkan hasil seleksi administrasi dan prestasi. Salah satu penerima beasiswa yaitu Ghinia Kamilah Nuriana mengaku senang mendapat beasiswa dari IKALUMIA. “Perasaannya senang dan alhamdulillah. Sebenarnya tidak menyangka bisa dapat yang pertama,” ungkapnya.  

Ummul Habibah, S.T., M.Eng. (ketiga dari kiri), dosen Prodi Teknik Kimia, dan mahasiswa penerima beasiswa bersama IKALUMIA FT UMJ di Aula Djoeanda seusai penyerahan beasiswa, Sabtu (02/03/2024). (Foto : Dok. FT UMJ)

Untuk seleksi beasiswa ini, Ghina melampirkan sertifikat keikutsertaan pada berbagai macam seminar, HIMATEKA (Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia), Kompetisi Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (KNMIPA) dan lainnya. “Berharap beasiswa ini dapat terus berlangsung, beasiswa ini sangat ditunggu,” tambahnya.

Beasiswa itu secara simbolis diberikan oleh Ketua IKALUMIA yaitu Daud Zakaria, S.T., bersama anggota lainnya yaitu Reza Alfaraby, S.T., Dery Iryawan, S.T., seusai acara Sharing Tematis. Beasiswa itu adalah apresiasi dan diharapkan dapat memotivasi mahasiswa Teknik Kimia yang sudah menjalankan masa kuliah dengan sungguh-sungguh.

Diketahui program beasiswa itu rutin diadakan setahun sekali sejak 2014 dan sempat tidak berjalan pada masa pandemi COVID-19. Seleksi penerima beasiswa dilakukan oleh IKALUMIA dan ditujukan bagi mahasiswa yang aktif kuliah dan organisasi khususnya di HIMATEKA FT UMJ.

“Alumni Teknik Kimia memiliki kesadaran bahwa setelah lulus, tetap memberikan sumbangsih kepada almamaternya. Alumni mempunyai peran besar dalam mendorong dan mendukung pengembangan prodi khususnya terhadap lulusan dengan cara membuka jejaring yang telah dimiliki,” ungkap Ketua IKALUMIA Reza Alfaraby.

Keikutsertaan alumni dalam mendukung perkembangan program studi ini diapresiasi oleh Ketua Prodi Teknik Kimia FT UMJ Ummul Habibah Hasyim, S.T., M.Eng. Ia mengatakan bahwa alumni memiliki peran besar karena memberikan banyak sumbangsih seperti pengembangan infrastruktur, dan fasilitas belajar dalam bentuk buku.

Baru-baru ini, tambah Ummul, IKALUMIA menyumbangkan kursi untuk HIMATEKA  dan restrukturisasi laci laboratorium. “Harapannya alumni Tenik Kimia FT UMJ dapat sinergis bersama pihak prodi untuk mendorong kerja sama dengan industri, dan membantu fresh graduate untuk mendapatkan peluang kerja,” ungkapnya.

Editor : Dian Fauzalia

pkv games
bandarqq
dominoqq
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/dominoqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/bandarqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/pkv-games/