UMJ Tingkatkan Standar Mutu dengan Sertifikasi ISO 9001

Oleh :
Nadiva Rahma
UMJ Tingkatkan Standar Mutu dengan Sertifikasi ISO 9001
Penyelenggaraan Sertifikasi ISO di beberapa lembaga badan dan unit UMJ. (Foto : Dok.BPM UMJ)

Dalam rangka meningkatkan standar mutu dan kualitas manajemen risiko penyelenggaraan pendidikan tinggi, Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) melakukan kegiatan peningkatan mutu terhadap beberapa lembaga badan dan unit dan dianggap strategis. Pelatihan internal audit dan persiapan audit internal direncakan akan dilakukan pada Maret 2023 mendatang.

Upaya peningkatan tersebut dilakukan melalui sertifikasi International Organization for Standardization (ISO) 9001. Proses sertifikasi telah berlangsung sejak tahun 2023 dan diperkirakan akan berakhir pada bulan April 2024.

Baca juga : Evaluasi Komitmen Perbaikan Mutu Melalui RTL

Dalam hal ini  lembaga badan dan unit yang akan disertifikasi adalah Badan Penjaminan Mutu (BPM) UMJ, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada masyarakat (LPPM) UMJ, Satuan Pengawasan Internal (SPI) UMJ, Unit Pelaksanaan Teknis (UPT) Perpustakaan UMJ, dan UPT Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) UMJ.

Adapun persiapan yang dilakukan dalam komitmen untuk menerapkan implementasi ISO 9001. Sekretaris BPM UMJ Prof. Dr. Ibnu Sina Candra, S.H.,M.H., didampingi oleh pegawai lembaga terkait melakukan visitasi dan pengecekan kesiapan dokumen serta system, sosialisasi penerapan ISO 9001, implementasi prosedur, dan pemantauan sasaran mutu, monitoring ketercapaian sasaran mutu, pelatihan internal, pelaksanaan survey dan hal-hal lainnya yang mendukung persiapan sertifikasi ISO 9001.

Ibnu menerangkan, kelima unit tersebut merupakan sektor-sektor strategis yang dimiliki UMJ untuk disertifikasi ISO 9001. Dilakukannya sertifikasi pada unit tersebut juga didorong bebeberapa faktor. Unit-unit tersebut menjamin kualitas penyelenggaraan pendidikan dan kualitas promosi UMJ.

Selain itu, unit-unit tersebut merupakan unit berprestasi sehingga menjadi role model bagi badan-badan lainnya untuk melakukan sertifikasi internasional. Sertifikasi ini bagian dari komitmen UMJ
terhadap peningkatan mutu institusi.

Semua pihak di UMJ bersemangat mendukung sertifikasi ISO dalam rangka meningkatkan mutu UMJ sebagai perguruan tinggi yang unggul. Sertifikasi ISO adalah sertifikasi berdasarkan rekognisi internasional terhadap implementasi sistem jaminan mutu manajemen secara umum.

Editor: Dinar Meidiana

pkv games
bandarqq
dominoqq
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/dominoqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/bandarqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/pkv-games/