UMJ Jadi Tuan Rumah Monev Program Bantuan Akselerasi Pengembangan Kurikulum

Oleh :
Dinar Meidiana
UMJ Jadi Tuan Rumah Monitoring dan Evaluasi rogram Bantuan Akselerasi Pengembangan Kurikulum
Prof. Iswan, M.Si. (tengah) bersama peserta Monev di Ruang Aula Gedung Perintis UMJ, Jumat (24/11/2023). (Foto : KSU/Alvin Lazuardy)

Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) khususnya Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) menjadi tuan rumah dalam kegiatan Monitoring dan Evaluasi Program Bantuan Akselerasi Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Tinggi mendukung Kampus Merdeka Mandiri 2023.

Baca juga : Kurikulum Transisi PAUD Ke SD Jadi Bahasan Webinar Nasional Prodi PAUD UMJ

Monev dilakukan secara hybrid di Ruang Rapat Lantai 1 Gedung Perintis UMJ, Jumat (24/11/2023).  UMJ menjadi tuan rumah bagi empat perguruan tinggi lainnya yaitu Institut Komunikasi dan Bisnis LSPR, Institut Teknologi Indonesia, Universitas Al Azhar Indonesia, dan Universitas Bina Sarana Informatika.

Diketahui Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia telah empat kali mendapatkan hibah teknologi asistif. Ketua Pelaksana Program Belmawa Prodi PBSI FIP UMJ Dr. Ahmad Fadly, M.Hum., menjelaskan bahwa program tersebut berdampak baik pada mahasiswa.

“Hibah akselerasi ini pada dasarnya pengembangan kurikulum program studi ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengikuti pembelajaran di luar program studi. Tentu saja berdampak pada kesempatan yang lebih luas bagi mahasiswa dalam memperoleh pengalaman belajar yang variatif,” kata Fadly.

Sementara itu program hibah tahun selanjutnya akan dicermati oleh Fadly sesuai kebutuhan pengembangan prodi. Ia mengatakan pengajuan hibah akan diupayakan apabila ada kesempatan yang memungkinkan pengembangan tersebut.

Dekan FIP UMJ Prof. Iswan, M.Si., mengatakan bahwa Belmawa telah memberikan bantuan hibah dengan akselerasi kurikulum untuk perguruan tinggi. “Semoga tahun depan hibah ini dapat diberikan kembali, dan program studi lain bisa mengambil kesempatan,” ungkap Iswan saat dimintai keterangan di sela kegiatan.

Editor : Dian Fauzalia