Mahasiswa POR FIP UMJ Long March Sejauh 15 KM

Oleh :
Dinar Meidiana
Mahasiswa POR FIP peserta Sport Camp saat long march sejauh 15 km, Senin (29/01/2024).
Mahasiswa POR FIP peserta Sport Camp saat long march sejauh 15 km, Senin (29/01/2024). (Foto : HIMAPOR)

Mahasiswa Program Studi Pendidikan Olahraga Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta (Prodi POR FIP UMJ) melakukan long march sejauh kurang lebih 15 km dari kawasan Cisauk hingga UMJ pada Senin (29/01/2024). Kegiatan itu dilakukan dalam rangka Sport Camp yang merupakan Latihan Dasar Himpunan Mahasiswa POR (LDH HIMAPOR) FIP UMJ.

Baca juga : Dosen POR UMJ: Prodi POR Semakin dilirik Calon Mahasiswa Baru

Sebanyak 20 peserta yang merupakan mahasiswa POR angkatan 2023 ini mulai berjalan dari kawasan Cisauk, Tangerang Selatan, pukul 05.00 pagi dan tiba di kampus tepatnya Gedung FIP UMJ pukul 11.30 siang. Selama berjalan kaki, para mahasiswa kerap menyanyikan Mars Sport Camp dengan lantang hingga menarik perhatian orang di sekitar.

Meskipun cuaca mendung disertai hujan ringan, para peserta tiba di kampus UMJ dengan selamat. Di sela penutupan acara, Sekretaris Prodi POR FIP UMJ Muhammad Ishaq Gery,. M.Pd., menerangkan bahwa long march adalah kegiatan wajib setiap Sport Camp. Hal itu ditujukan untuk melatih kekuatan fisik mahasiswa, membentuk kekompakan, dan kekeluargaan.

Long march ini memang terinspirasi dari pendidikan militer. Tidak hanya melatih fisik tapi juga rasa kekompakan, kekeluargaan, dan kebersamaan. Sebagaimana jargon kami yaitu ‘satu darah, POR satu.’ Harapannya dari kegiatan ini terbentuk generasi muda yang memiliki kepemimpinan kuat, daya juang yang tinggi, dan tidak mudah menyerah,” ungkap Gery.

Ketua HIMAPOR Padri menjelaskan bahwa Sport Camp adalah bentuk kaderisasi untuk regenerasi kepemimpinan organisasi. Peserta yang merupakan angkatan 2023 ini juga diharapkan akan tumbuh bersama. Hal ini disimbolkan dengan cukur rambut bagi mahasiswa laki-laki.

“Cukur rambut sampai botak ini bermakna bahwa mereka akan tumbuh bersama di organisasi,” ungkap Padri, Ketua Umum HIMAPOR. Padri berharap para peserta yang nantinya akan menggantikan tampuk kepemimpinan di HIMAPOR dapat menerapkan pelajaran dan pengetahuan yang didapatkan dari Sport Camp.

Maulida Apriyanti, satu dari empat mahasiswa perempuan yang mengikuti Sport Camp mengaku senang bisa mengikuti kegiatan meskipun lelah karena harus berjalan kaki sejauh 15km. “Capek, kaki pegal, tapi seru. Semoga mahasiwa POR angkatan 2023 lebih kompak lagi dan HIMAPOR lebih maju,” ungkapnya saat dimintai keterangan seusai kegiatan.

Kesan senada juga datang dari Abiyyu Warsita Darmawan yang merasa cukup lelah. Selama di perjalanan, Abiyyu mengatakan sempat jenuh karena ingin segera sampai di kampus. Namun hal itu terbayar karena selama Sport Camp yang digelar sejak 27 hingga 29 Januari itu memberikannya banyak pengetahuan.

“Selama Sport Camp, kami diberikan pelatihan dan materi tentang keolahragaan, advokatif, keorganisasian, dll. Semoga dari kegiatan ini HIMAPOR semakin maju dan solid,” kata Abiyyu

Editor : Dian Fauzalia