Mahasiswa PBSI FIP UMJ Kenalkan Sastra Anak Kepada Anak Usia Dini

Oleh :
Nadiva Rahma
Mahasiswa PBSI FIP UMJ usai perkenalkan sastra anak kepada anak usia dini di TK Nurul Iman, Ciater, Selasa, (23/01/2024).
Mahasiswa PBSI FIP UMJ usai perkenalkan sastra anak kepada anak usia dini di TK Nurul Iman, Ciater, Selasa, (23/02/2024). (Foto : Dok.Mahasiswa PBSI FIP UMJ)

Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta (PBSI FIP UMJ) melakukan proyek edukatif dengan memperkenalkan sastra anak kepada anak usia dini melalui persembahan dongeng dan puisi.

Baca juga : Mahasiswa PBSI FIP UMJ Pentaskan Teater Lakon Jeng Menul

Proyek yang diiniasiasi oleh mahasiswa semester tiga ini dilaksanakan secara berkelompok dalam rangka memenuhi tugas mata kuliah yang dilakukan di dua tempat yakni di TK Nurul Iman, Ciater pada Selasa, (23/01/2024) dan di Kandang Jurang, Ciputat, Senin, (20/01/2024).

Setiap kelompok membawakan dongeng dengan tema yang beragam mulai dari petualangan, persahabatan, dan lingkungan. Masing-masing mahasiswa turut mengambil peran dalam memainkan tokoh-tokoh dalam dongeng. Para anak tampak antusias menyaksikan penampilan dongeng yang dipentaskan oleh mahasiswa PBSI FIP UMJ. “Seneng banget, seru,” kata salah satu anak usai menyaksikan penampilan yang dibawakan oleh mahasiswa PBSI FIP UMJ.

Dongeng merupakan cerita prosa rakyat yang tidak dianggap benar-benar terjadi. Dongeng umumnya diceritakan untuk memberikan hiburan meskipun sebagain besar menggambarkan kebenaran dan mengandung pesan moral.

Selain dongeng, turut ditampilkan puisi berantai yang dibawakan oleh sembilan orang mahasiswa PBSI FIP UMJ dengan masing-masing peran. Mahasiswa PBSI FIP UMJ menerangkan, proyek ini tidak hanya memberikan pengalaman belajar yang berharga bagi mahasiswa PBSI FIP UMJ, tetapi juga sebagai sarana hiburan edukatif bagi anak.

Salah satu mahasiswa PBSI FIP UMJ, Ali Yassin Akilah, berharap proyek ini dapat terus dilakukan di masa mendatang untuk mendukung proses pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna bagi anak-anak.

Editor : Dinar Meidiana

pkv games
bandarqq
dominoqq
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/dominoqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/bandarqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/pkv-games/