HIMAPOL FISIP UMJ Ajak Pemilih Pemula Aktif Dalam Pemilu

Oleh :
Fazri Maulana
HIMAPOL FISIP UMJ Ajak Pemilih Pemula Aktif Dalam Pemilu
Anggota KPU Provinsi DKI Jakarta Doddy Wijaya, S.sos., saat memberikan sosialisasi pemilu di Ruang Rapat Lantai 2, FISIP UMJ, Jumat (12/1/24). (Foto : HIMAPOL FISIP UMJ)

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyebut komposisi pemilih dalam Pemilu 2024, 60 persen didominasi oleh kelompok usia muda dan pemilih pemula. Karena itu pemilih pemula memiliki peran strategis dalam meningkatkan kualitas demokrasi.

Baca juga : Himapol FISIP UMJ Buka Posko Informasi Pemilu 2024

Hal ini mendasari Himpunan Mahasiswa Ilmu Politik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Jakarta (HIMAPOL FISIP UMJ) mengajak pemilih pemula untuk aktif dalam pemilihan umum (Pemilu) 2024. Ajakan ini disampaikan dalam pembukaan posko informasi pemilu dan sosialisasi pemilu di Ruang Rapat Lantai 2, FISIP, Jumat (12/1/24).

Wakil Dekan III Dr. Fal. Harmonis mengapresasi dibukanya posko informasi dan sosialisasi pemilu. Menurutnya, mahasiswa harus menyambut dan berperan aktif dalam pemilu 2024. “Mahasiswa harus memanfaatkan dan jangan melewatkan momentum menjelang Pemilu ini. Tentu, saya mengapreasi kegiatan ini yang memanfaatkan bidang keilmuan dari masing-masing Prodi,” ungkap Harmonis

Pada kesempatan itu, Ketua Umum Himapol FISIP UMJ Mukhlis mengungkapkan bahwa mahasiswa masuk ke dalam kategori pemilih pemula yang menjadi potensi besar di Pemilu 2024. Menurutnya, Himapol perlu menjadi bagian dalam membantu mengajak mahasiswa berperan aktif dalam pemilu.

“Kita mahasiswa harus bekerjasama untuk mensukseskan penyelenggaraan Pemilu 2024. Maka dari itu, kami membuka posko informasi pemilu dan sosialisasi pemilu,” ungkap Mukhlis.

Selain pembukaan posko informasi pemilu. HIMAPOL FISIP turut melakukan sosialisasi pemilu kepada mahasiswa bekerjasama dengan KPU Provinsi DKI Jakarta.  Hadir secara langsung Anggota KPU DKI Jakarta Doddy Wijaya, S.sos. Doddy memberikan sosialiasi seputar pemilihan umum, seperti tata cara pemilih dan pentingnya berpartisipasi aktif dalam pemilu.

“Pemilihan itu penting sebagai sirkulasi pergantian pemimpin. Dalam nilai-nilai demokrasi setiap orang berhak untuk memilih hingga dipilih dan teman-teman punya kesempatan itu, disitulah peran pemilu,” tutur Doddy

Lebih lanjut, Doddy menegaskan KPU DKI Jakarta mendukung langkah yang dilakukan oleh HIMAPOL FISIP UMJ membuka posko informasi pemilu dan sosialisasi. Ia memberikan saran untuk bisa menyampaikan kepada mahasiswa mengenai informasi cek daftar pemilih tetap (DPT), cara pindah memilih, informasi calon, dan tata cara pemilihan.

Pembukaan posko informasi pemilu dan sosialisasi merupakan bagian dalam program Rencana Tindak Lanjut (RTL) bertajuk Gen-Z Sebagai Pemilih Pemula Yang Berkontribusi Dalam Menentukan Arah Kebijakan Kedepan.

Editor : Dian Fauzalia

pkv games
bandarqq
dominoqq
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/dominoqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/bandarqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/pkv-games/