Prodi Administrasi Publik FISIP UMJ Raih Akreditasi Unggul

Oleh :
Irhamzah
akreditasi unggul prodi Ilmu Administrasi Publik FISIP UMJ

Setelah melalui proses yang panjang dan tekun, Program Studi Ilmu Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) meraih akrteditasi Unggul. Hal ini ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan BAN-PT Nomor 3053/SK/BAN-PT/Ak.KP/S/VIII/2023 Tanggal 1 Agustus 2023.

Baca juga : 9 Program Studi UMJ Terakreditasi Unggul

Pada SK dinyatakan bahwa Program Studi Ilmu Administrasi Publik memenuhi syarat peringkat Akreditasi Unggul terhitung sejak tanggal 1 Agustus 2023 sampai dengan 16 April 2026. Ini menjadi pengakuan atas kualitas dan prestasi yang luar biasa dari Program Studi Ilmu Administrasi Publik yang sebelumnya telah terakreditasi A pada periode 2016-2021.

Ketua Prodi Ilmu Administrasi Publik FISIP UMJ Nida Handayani, S.IP., M.Si., menyampaikan langkah menuju pencapaian ini. “Dalam mencapai Areditasi unggul, kami menjalankan program kerja berbasis pada instrumen akreditasi, IKU (Indikator Kinerja Utama), IKT (Indikator Kinerja Tambahan) serta kerapihan administrasi,” ujar Nida.

Faktor pendukung yang kuat dalam pencapaian akreditasi Unggul adalah hasil kerja sama yang solid dengan tim pada Prodi Ilmu Administrasi Publik. Tentunya tidak ada perjuangan tanpa tantangan. Tantangan utama yang dihadapi selama persiapan akreditasi atau konversi akreditasi, kerapihan serta pengarsipan seluruh dokumentasi yang diperlukan.

Ia juga menyampaikan bahwa langkah selanjutnya yang akan diambil ditujukan untuk mempertahankan akreditasi Unggul. Salah satunya berupaya tetap konsisten pada program untuk pencapaian sebelumnya, serta melakukan peningkatan dan pembaharuan dengan melakukan kerja sama internasional.

Wakil Rektor I Dr. Muhammad Hadi, M.Kep., memberikan ucapan selamat kepada Prodi Ilmu Administrasi Publik yang telah mencapai akreditasi Unggul. “Pencapaian akreditasi ini akan mendorong dan menjadi tolok ukur prodi lain yang akan melakukan re-akreditasi menuju Unggul,” ungkap Hadi.

Hadi menyampaikan bahwa pencapaian ini akan memperkuat penilaian APT (Akreditasi Perguruan Tinggi) UMJ menuju Unggul yang dijadwalkan 2024 mendatang. Berdasarkan keterangan yang disampaikan melalui pesan singkat pada Rabu (02/08/2023), saat ini UMJ terus berupaya maksimal dalam persiapan akreditasi institusi.

Hadi menuturkan bahwa salah satu langkah strategis yang diambil adalah dengan membentuk Tim Penjamin Mutu di setiap fakultas dan program studi. “Dengan pengerahan sumber daya yang ada maka target utama adalah APT UMJ Unggul begitu pula dengan program studi,” katanya.

Editor: Dinar Meidiana

pkv games
bandarqq
dominoqq
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/dominoqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/bandarqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/pkv-games/