Berpulangnya Cecep Effendi, Dosen Senior FISIP UMJ

Oleh :
Fazri Maulana
Berpulangnya Cecep Effendi, Dosen Senior FISIP UMJ

Suasana duka menyelimuti Universitas Muhammadiyah Jakarta sehubungan dengan berpulangnya dosen Program Studi Ilmu Politik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Dr. Cecep Effendi, Ph.D., pada Jumat (13/4/2024).

Baca juga : Prodi Doktor Administrasi Publik FISIP UMJ Raih Akreditasi Baik Sekali

Cecep, demikian Almarhum biasa disapa, memiliki jejak pengabdian yang sangat panjang karena sudah menjadi bagian keluarga besar UMJ pada usia 25 tahun. Selain mengajar di Program Sarjana, Almarhum juga tercatat sebagai dosen Program Studi Magister Ilmu Politik dan Magister Ilmu Komunikasi FISIP UMJ.

Selama lebih dari 25 tahun lamanya Almarhum berkecimpung di pendidikan tinggi, organisasi masyarakat sipil, hingga Urusan desentralisasi. Karena keahliannya Almarhum dipercaya sebagai penasehat senior di beberapa lembaga pemerintahan, seperti Penasihat Senior Direktorat Jenderal Pemerintahan Desa-Bank Dunia, Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia dan Anggota Tim Penasihat Menteri Dalam Negeri pada tahun 2007-2012.

Sebelum wafat, Almarhum adalah Direktur Jendral Pusat Pembangunan Pedesaan Terpadu untuk Asia dan Pasifik (CIRDAP), yang merupakan organisasi antar pemerintah dengan 15 negara anggota yang berbasis di Dhaka, Bangladesh.

Dosen yang menyelesaikan program doktornya di Jawaharlal Nehru University ini dikenal sarat pengalaman. Beliau  pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Tim Program Dukungan Desentralisasi yang didanai oleh Kerjasama Internasional Jerman (GIZ) 2006-2012, juga pernah menjadi Manajer Program Desentralisasi dan Reformasi Pelayanan Sipil, Program Pembangunan Perserikatan Bangsa Bangsa 2005-2007.

Selain itu Almarhum juga, terlibat dalam penyusunan sejumlah Rancangan Undang-Undang (RUU) dan rancangan peraturan pemerintah di Kementerian Dalam Negeri, hingga pernah menjadi Redaktur Pelaksana Harian Bahasa Inggris The Indonesian Times dan Penyiar Radio Paruh Waktu di Radio India.

Editor : Tria Patrianti

pkv games
bandarqq
dominoqq
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/dominoqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/bandarqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/pkv-games/