Lecturer Series MIPOL UMJ Bahas Partisipasi Milenial dalam Pemilu 2024

Oleh :
Dinar Meidiana
Lecturer Series MIPOL FISIP UMJ Aspirasi dan Partisipasi Milenial dalam Pemilu 2024
Lecturer Series MIPOL FISIP UMJ Aspirasi dan Partisipasi Milenial dalam Pemilu 2024 secara daring, Selasa (22/08/2023).

Berdasarkan data dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, generasi milenial menjadi kategori yang mendominasi dalam Daftar Pemilih Tetap untuk Pemilu 2024 mendatang. Sekitar 66,8 juta dari lebih 204 juta pemilih adalah milenial. Oleh karenanya partisipasi generasi milenial sangat mempengaruhi hasil Pemilu.

Baca juga : Kelompok Milenial Menentukan Pemilu 2024

Hal inilah yang mendorong Program Magister Ilmu Politik Faultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Jakarta (FISIP UMJ) mengangkat tema Aspirasi dan Partisipasi Milenial dalam Pemilu 2024 pada Lecturer Series yang digelar secara daring dan ditayangkan melalui kanal Youtube MIPOL FISIP UMJ, Selasa (22/08/2023).

Menghadirkan tiga dosen Ilmu Politik dari berbagai perguruan tinggi yaitu Dr. Iding Rosyidin, M.Si. (UIN Syarif Hidayatullah Jakarta), Dr. Asep Setiawan, MA. (MIPOL FISIP UMJ), dan Dr. Indaru Setyo Nurprojo, MA. (Pascasarjana Universitas Jenderal Soedirman).

Ketiganya memberikan pemaparan menarik dan memperlihatkan karakteristik milenial yang mestinya dapat dilirik oleh partai politik maupun calon presiden. Dr. Iding Rosyidin, M.Si., mengatakan bahwa generasi milenial memiliki tempat yang penting, akan tetapi cenderung tidak acuh pada isu politik.

Oleh karenanya, Iding yang juga Ketua APSIPOL (Asosiasi Program Studi Ilmu Politik Indonesia) berharap Lecturer Series kali ini perlu mencari strategi agar aspirasi dan partisipasi milenial ini dapat dibawa ke ranah politik.

Iding merumuskan empat langkah yang dapat dilakukan yaitu mendengar suara milenial, merangkul milenial dengan cara yang serupa dengan gayanya, dan masuk ke dunia digital karena milenial akrab dengan teknologi informasi. Sementara itu, dosen MIPOL FISIP UMJ Dr. Asep Setiawan menyampaikan bahwa terdapat faktor yang menentukan partisipasi milenial.

Menurut Asep, dalam faktor politik terdapat lima hal yang menentukan yaitu kredibilitas dan relevansi calon, pilihan ideologis dan nilai-nilai politik, transparansi dan akuntabilitas politik, media dan kampanye politik, serta konteks politik nasional dan global.

“Kaum milenial yang jumahnya mencapai 66,8 juta dari sekitar 204 juta pemilih akan cenderung memberikan dukungan kepada calon yang memiliki rekam jejak yang baik dalam memenuhi janji-janji kampanye,” katanya.” ujar Asep.

Tak kalah menarik, pandangan Dr. Indaru Setyo Nurprojo, MA., tentang generasi milenial sangat positif. Menurutnya, milenial memiliki kepedulian terhadap masa depan bangsa Indonesia. Hal ini dilihat dari hasil survei IDN Research Institute tentang Indonesia Millenial Report 2022.

Survei menunjukkan pandangan milenial terhadap calon pemimpin meliputi visi dan misi politik, integritas, pengalaman politik, dan latar belakang figur pemimpin.

“Meskipun abai ada sisi lain misalnya parpol dan Pemilu. Persoalan mereka mau milih atau tidak itu lain hal, tapi kepedulian tentang pemimpin masa depan sudah diwujudkan di sosial media, lewat video, tulisan, bahkan musik,” ungkapnya.

Indaru menyampaikan bahwa milenial menaruh harapan besar pada politik Indonesia. “Mereka mengharapkan terdapat nilai-nilai penting yang tumbuh kuat dalam politik Indonesia seperti  keberagaman, rasa kesatuan, keamanan negara, nilai demokrasi, kondisi ekonomi membaik, tindakan penghapusan korupsi, dan lainnya,” ungkap Indaru.

Ketua Prodi MIPOL FISIP UMJ Dr. Lusi Andriyani, M.Si., turut hadir dan membuka diskusi. Lusi mengatakan bahwa kajian rutin ini digalakkan untuk membangun iklim akademik dengan menghadirkan dosen-dosen Ilmu Politik dari berbagai perguruan tinggi. Lecturer Series diikuti oleh mahasiswa dan dosen dari berbagai perguruan tinggi.

Editor : Tria Patrianti

pkv games
bandarqq
dominoqq
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/dominoqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/bandarqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/pkv-games/