Kuliah Umum Menyambut Dies Natalis FKK UMJ Yang Ke-20

Oleh :
Irhamzah
Kuliah Umum FKK UMJ dengan tema Pentingnya Pemantauan Tumbuh Kembang Anak Untuk Optimalisasi Kualitas Tumbuh Kembang Anak pada Rabu (02/08/2023)

Dalam rangka menyambut Dies Natalis Ke-20 Fakultas Kedokteran dan Kesehatan (FKK) Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) mengadakan kuliah umum dengan tema Pentingnya Pemantauan Tumbuh Kembang Anak Untuk Optimalisasi Kualitas Tumbuh Kembang Anak, pada Rabu (02/08/2023). Kuliah umum merupakan kolaborasi antara Program Studi Profesi Dokter FKK UMJ dengan sepuluh Wahan Rumah Sakit Pendidikan FKK UMJ.

Baca juga : Komisi Etik FKK UMJ Menerima Kunjungan FERCAP

Dalam sambutannya, Dekan FKK UMJ Dr. dr. Muhammad Fachri, Sp.P, FISR. FAPSR menyampaikan bahwa selain program dari Profesi Dokter, acara ini juga sebagai bagian dari rangkaian penyambutan Dies Natalis FKK UMJ yang ke-20. Fachri berharap dengan bertambahnya usia, FKK UMJ mampu menumbuh kembangkan institusi serta keilmuan mahasiswa.

Sementara tema kuliah umum diangkat sejalan dengan Hari Anak Nasional yang diperingati setiap 23 Juli 2023. Tahun ini tema Hari Anak Nasional yaitu Anak Terlindungi, Indonesia Maju. Anak merupakan generasi penerus cita-cita perjuangan bangsa yang harus dijamin pemenuhan hak dan kebutuhan dan dalam perlindungan untuk menjamin pertumbuhan dan perkembangan anak, baik fisik, mental, maupun sosial secara utuh.

FKK UMJ menghadirkan narasumber yaitu Guru Besar Departemen Anak FK UI Prof. Dr. dr. Rini Sekartini, Sp.A(K). Dalam pemaparannya, Rini menyampaikan beberapa poin pemenuhan kebutuhan dasar anak yaitu asah, asuh, asih. Selain itu menjelaskan pula peran stimulasi dan nutrisi untuk tumbuh kembang anak, dan pemantauan tumbuh kembang anak secara berkala.

Dosen sekaligus Ketua IDAI Cabang Jakarta ini menyampaikan bahwa hak dasar anak meliputi hak hidup, hak bertumbuh kembang, hak perlindungan serta hak berpartisipasi aktif. Sedangkan ciri khas anak adalah tumbuh dan kembang. Oleh karenanya kuliah umum juga membahas tentang stunting.

Rini menjelaskan bahwa stunting diakibatkan oleh adanya gagal tumbuh pada anak dibawah dua tahun yang disebabkan kekurangan gizi pada waktu yang lama (kronis), asupan makan yang kurang protein serta infeksi kronis. Adapun penyebab lain bisa disebabkan oleh masa kehamilan serta psikososial atau perubahan hormon saat kondisi stres.

“Untuk pertumbuhan anak yang optimal, maka kebutuhan anak harus terpenuhi dengan 3A, yakni asuh, asih dan asah. Asuh dengan memberikan nutrisi, imunisasi, hygiene. asih dengan memberikan kasih sayang serta asah yakni melakukan stimulasi dengan kegiatan pemberian pengalaman sensoris pada anak,” ujar Rini.

Kuliah umum diikuti oleh mahasiswa FKK UMJ dan turut dihadiri oleh Ketua Prodi Profesi Dokter Dr. dr. Farsida, MPH, Sekretaris Prodi Profesi Dokter Dr. dr. Rahmini Shabriah, Sp. A.

Editor: Dinar Meidiana

pkv games
bandarqq
dominoqq
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/dominoqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/bandarqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/pkv-games/