Komisi Etik FKK UMJ Menerima Kunjungan FERCAP

Oleh :
Nadiva Rahma

Komisi Etik Penelitian Kesehatan Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jakarta (FKK UMJ) menerima kunjungan Forum for Ethical Review Committees in Asia and the Western Pacific (FERCAP) pada Selasa, (25/07/2023) di Auditorium FKK UMJ. Kunjungan tersebut dilakukan dalam rangka melaksanakan rekognisi terhadap Komisi Etik FKK UMJ.

Dalam kunjungan tersebut, dihadiri oleh Dekan FKK UMJ, Dr. dr. Muhammad Fachri, Sp.P, FAPSER, FISR., 4 orang Team Survey diantaranya, Prof. Santos Edlyn Jimenez (Philipina) selaku Koordinator FERCAP, Prof. dr. Nur Atik., M.Kes., Ph.D (FK Universitas Padjajaran Bandung), Prof. Dr. dr. Eti Nurwening Sholikhah.,M.Med,Ed., M.Kes. (FK Universitas Gadjah Mada Yogyakarta), dan Desak Ketut Ernawati, S.Si., Apt, PGPharm., Ph.D (FK Universitas Udayana Bali) serta 9 orang trainees  yang mewakili Komisi Etik se-Indonesia.

Tugas dan fungsi dari Komisi Etik adalah untuk melindungi hak dan kesejahteraan manusia yang menjadi subjek dalam sebuah penelitian, maka diperlukan suatu lembaga atau institusi yang memastikan hal tersebut.

Prof. dr. Nur Atik., M.Kes., Ph.D, yang juga berperan sebagai Leader Survey, dalam pemaparannya membahas tentang agenda kegiatan rekognisi yang akan berlangsung selama tiga hari, Pada 25-27 Juli 2023, diantaranya kegiatan survey, kunjungan kantor KEPK FKK UMJ, peninjauan berkas, interview, penilaian full board, dan pemaparan evaluasi. Selama kegiatan tersebut, akan didampingi oleh tim KEPK FKK UMJ.

Ketua Komisi Etik FKK UMJ, Dr. dr. Resiana Karnina, Sp.An. menyampaikan harapannya, “Setelah Komisi Etik FKK UMJ direkognisi secara internasional, saya berharap tim Komisi Etik FKK UMJ bisa berkembang dan bisa melakukan telaah protokol-protokol dari luar negeri,” ujar Resiana.

pkv games
bandarqq
dominoqq
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/dominoqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/bandarqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/pkv-games/